Materi Pelajaran Simulasi Digital SMK Kelas X
Semester 1:
- Komunikasi Dalam Jaringan (Daring-Online)
- Penerapan Komunikasi Daring
- Kelas Maya
- Pembelajaran Melalui Kelas Maya
- Presentasi Video
- Komunikasi Dalam Jaringan (Daring-Online)
- Penerapan Komunikasi Daring
- Kelas Maya
- Pembelajaran Melalui Kelas Maya
- Presentasi Video
Semester 2:
- Presentasi Video Untuk Branding dan Marketting
- Simulasi Visual
- Aplikasi Pengolah Simulasi Visual Tahap Praproduksi
- Aplikasi Pengolah Simulasi Visual Tahap Produksi
- Aplikasi Pengolah Simulasi Visual Tahap
Pascaproduksi
- Buku Digital
- Format Buku Digital
- Publikasi Buku Digital
- Presentasi Video Untuk Branding dan Marketting
- Simulasi Visual
- Aplikasi Pengolah Simulasi Visual Tahap Praproduksi
- Aplikasi Pengolah Simulasi Visual Tahap Produksi
- Aplikasi Pengolah Simulasi Visual Tahap
Pascaproduksi
- Buku Digital
- Format Buku Digital
- Publikasi Buku Digital
Yap ,, hai gaes !!! Kali ini gw cuma akan bahas pada materi Semester 1. Oke silahkan di baca ;-)
Pengertian Tentang Komunikasi Daring, Fungsi dan
Jenisnya
Jenisnya
Inilah informasi yang lengkap mengenai definisi atau
pengertian Komunikasi Daring disertai dengan ulasan
atau pembahasan fungsi dan jenisnya yang ada
beberapa macam.
Dari pengertian komunikasi daring
atau biasa yang di kenal dengan komunikasi data dalam
jaringan akan membuat Anda memahaminya dengan
baik, sehingga semua itu menjadi dasar untuk belajar
kepada tahapan yang selanjutnya.
Memang, ada banyak pengertian tentang komunikasi
daring menurut pakar komunikasi. Dan tidak jarang
dijumpai perbedaan yang sering membuat kita sedikit
“bingung”. Oleh sebab itu, kita jangan terjebak dengan
perbedaan yang terjadi, lebih baik kita ambil saja
benang merah dari perbedaan tentang pengertian dan
definisi atau arti dari komunikasi daring.
Baiklah, berikut adalah ulasan sesuai judul artikel diatas.
Sebelumnya, informasi ini di dapatkan dari tulisan
seorang guru yang bernama Cahyokrisma, kini ia
mengajar di sekolah Swasta di SMK Kristen 5 Klaten.
Jika Anda masih mengalami kekurang jelasan dalam
informasi yang ada, maka Anda bisa mengunjungi laman
blognya, disini
pengertian Komunikasi Daring disertai dengan ulasan
atau pembahasan fungsi dan jenisnya yang ada
beberapa macam.
Dari pengertian komunikasi daring
atau biasa yang di kenal dengan komunikasi data dalam
jaringan akan membuat Anda memahaminya dengan
baik, sehingga semua itu menjadi dasar untuk belajar
kepada tahapan yang selanjutnya.
Memang, ada banyak pengertian tentang komunikasi
daring menurut pakar komunikasi. Dan tidak jarang
dijumpai perbedaan yang sering membuat kita sedikit
“bingung”. Oleh sebab itu, kita jangan terjebak dengan
perbedaan yang terjadi, lebih baik kita ambil saja
benang merah dari perbedaan tentang pengertian dan
definisi atau arti dari komunikasi daring.
Baiklah, berikut adalah ulasan sesuai judul artikel diatas.
Sebelumnya, informasi ini di dapatkan dari tulisan
seorang guru yang bernama Cahyokrisma, kini ia
mengajar di sekolah Swasta di SMK Kristen 5 Klaten.
Jika Anda masih mengalami kekurang jelasan dalam
informasi yang ada, maka Anda bisa mengunjungi laman
blognya, disini
Oke, kembali ke laptop :).
Kita mulai dari Definisi atau Pengertian Komunikasi.
Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan
atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan
yg dimaksud dapat dipahami.Jika anda berbicara
sedangkan mita icara anda tidak mengerti, atau
sebaliknya, maka komunikasi belum terjadi.
atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan
yg dimaksud dapat dipahami.Jika anda berbicara
sedangkan mita icara anda tidak mengerti, atau
sebaliknya, maka komunikasi belum terjadi.
Data adalah keterangan atau bahan nyata yang dapat
dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan).
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang
lebih berguna dan lebih berarti bagi penerima, yang
menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang bersifat
fakta yang digunakan untuk mengambil kesimpulan.
dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan).
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang
lebih berguna dan lebih berarti bagi penerima, yang
menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang bersifat
fakta yang digunakan untuk mengambil kesimpulan.
Fungsi komunikasi adalah :
Sebagai informasi
Komunikasi membantu proses penyampaian informasi
yang diperlukan individu dan atau kelompok untuk
mengambil keputusan dengan meneruskan data dan
menilai pilihan-pilihan alternatif
Sebagai kendali
Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku
anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi
mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang
harus dipatuhi oleh karyawan.
Sebagai motivasi
Komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan
menjelaskan para karyawan apa yang harus dilakukan
bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat
dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah
standar
Pengungkap emosional
Bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi
social, komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu
merupakan cara anggota untuk menunjukkan
kekecewaan dan rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi
menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan
sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosial
Komunikasi data seperti halnya orang yang saling
berkomunikasi, yang melibatkan komponen : pesan,
pengirim, media dan penerima.
Dari gambar di atas dapat diambil kesimpulan bahwa
#1. Pengirim/sender adalah seseorang yang memiliki
gagasan atau pesan yang biasanya memulai percakapan.
#2. Pesan/message adalah informasi atau gagasan yang
dibagikan.
#3. Media/medium adalah metode atau jalur yang
digunakan untuk mengirim pesan.
#4. Penerima/receiver adalah seseorang yang menerima
pesan.
Sebagai informasi
Komunikasi membantu proses penyampaian informasi
yang diperlukan individu dan atau kelompok untuk
mengambil keputusan dengan meneruskan data dan
menilai pilihan-pilihan alternatif
Sebagai kendali
Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku
anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi
mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang
harus dipatuhi oleh karyawan.
Sebagai motivasi
Komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan
menjelaskan para karyawan apa yang harus dilakukan
bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat
dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah
standar
Pengungkap emosional
Bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi
social, komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu
merupakan cara anggota untuk menunjukkan
kekecewaan dan rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi
menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan
sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosial
Komunikasi data seperti halnya orang yang saling
berkomunikasi, yang melibatkan komponen : pesan,
pengirim, media dan penerima.
Dari gambar di atas dapat diambil kesimpulan bahwa
#1. Pengirim/sender adalah seseorang yang memiliki
gagasan atau pesan yang biasanya memulai percakapan.
#2. Pesan/message adalah informasi atau gagasan yang
dibagikan.
#3. Media/medium adalah metode atau jalur yang
digunakan untuk mengirim pesan.
#4. Penerima/receiver adalah seseorang yang menerima
pesan.
Perbedaan antara komunikasi antara orang dan
komunikasi data adalah adanya komponen tambahan,
yang dinamakan dengan protocol.
Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang
mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan,
komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih
titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat
keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya.
Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan
koneksi perangkat keras.
komunikasi data adalah adanya komponen tambahan,
yang dinamakan dengan protocol.
Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang
mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan,
komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih
titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat
keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya.
Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan
koneksi perangkat keras.
PENGERTIAN /DEFINISI KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
(DARING)
(DARING)
Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada
membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/
menggunakan jaringan computer. Komunikasi dalam
jaringan adalah cara berkomunikasi di mana
penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan
atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi
di dunia semu biasa desebut komunikasi dunia maya
atau cyberspace.
Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960,
di sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah
yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan
computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut.
Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan
teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada
computer) dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet
tersebut ditanam sebuah software yang didalamnya
terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut
dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969.
ARPANET untuk saat ini sudah berkembang menjadi
nama internet yang berasal dari interconnected network.
Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia
pendidikan pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan
pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan
pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide
web.
membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/
menggunakan jaringan computer. Komunikasi dalam
jaringan adalah cara berkomunikasi di mana
penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan
atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi
di dunia semu biasa desebut komunikasi dunia maya
atau cyberspace.
Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960,
di sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah
yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan
computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut.
Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan
teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada
computer) dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet
tersebut ditanam sebuah software yang didalamnya
terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut
dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969.
ARPANET untuk saat ini sudah berkembang menjadi
nama internet yang berasal dari interconnected network.
Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia
pendidikan pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan
pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan
pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide
web.
JENIS KOMUNIKASI JARINGAN
Komunikasi dalam jaringan sinkron
Komunikasi dalam jaringan secara real time
menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan
komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron. Contoh
komunikasi sinkron misalkan aplikasi chat (yahoo
messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype,
line, facetime, google+ hangout, dll).
Komunikasi dalam jaringan asinkron
Komunikasi dalam jaringan secara tunda menggunakan
komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi
dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh
komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail, video
streaming, dll).
Komunikasi online lebih mengacu pada membaca,
menulis, berbagi video kamera dan konunikasi melalui
jaringan komputer secara sinkron.
Komunikasi dalam jaringan secara real time
menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan
komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron. Contoh
komunikasi sinkron misalkan aplikasi chat (yahoo
messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype,
line, facetime, google+ hangout, dll).
Komunikasi dalam jaringan asinkron
Komunikasi dalam jaringan secara tunda menggunakan
komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi
dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh
komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail, video
streaming, dll).
Komunikasi online lebih mengacu pada membaca,
menulis, berbagi video kamera dan konunikasi melalui
jaringan komputer secara sinkron.
TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
#1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar
secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
#2. Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga
memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan
perangkat dari jarak jauh.
#3. Penggunaan komputer secara terpusat ataupun
tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal
kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
#4. Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan
data antara dua perangkat atau lebih.
secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
#2. Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga
memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan
perangkat dari jarak jauh.
#3. Penggunaan komputer secara terpusat ataupun
tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal
kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
#4. Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan
data antara dua perangkat atau lebih.
KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
Hardware/perangkat keras
Perangkat yang bentuknya dapat dilihat atau diraba oelh
maunusia. contoh : komputer, headset, microphone, dan
perangkat pendukung koneksi internet
Perangkat yang bentuknya dapat dilihat atau diraba oelh
maunusia. contoh : komputer, headset, microphone, dan
perangkat pendukung koneksi internet
Software
Program komputer yang berguna untuk menjalankan
suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software digunakan
sebagai perantara antara perangkat keras (hardware)
dengan pengguna (brainware).
Program komputer yang berguna untuk menjalankan
suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software digunakan
sebagai perantara antara perangkat keras (hardware)
dengan pengguna (brainware).
Brainware
Brainware adalah pengguna software ataupun hardware
untuk berkomunikasi dalam jaringan.
Brainware adalah pengguna software ataupun hardware
untuk berkomunikasi dalam jaringan.
PENERAPAN KOMUNIKASI DARING
Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah
cara berkomunikasi dimana penyampaian dan
penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan
menggunakan internet, atau melalui dunia maya
(cyberspace). Salah satu bentuk komunikasi virtual
adalah pada penggunaan internet. Internet adalah
media komunikasi yang cukup efektif dan efisien
dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti
WEB, CHATTING (mIR chat, yahoo masanger, Gtalk,
dll), E-MAIL, FRIENDSTER, FACEBOOK, dan TWITTER.
Kegemaran berkomunikasi yang bermedia internet ini
menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut
komunitas virtual.
Penggunaan jenis sarana komunikasi akan
mempengaruhi keserempakan waktu komunikasi.
Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah
cara berkomunikasi dimana penyampaian dan
penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan
menggunakan internet, atau melalui dunia maya
(cyberspace). Salah satu bentuk komunikasi virtual
adalah pada penggunaan internet. Internet adalah
media komunikasi yang cukup efektif dan efisien
dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti
WEB, CHATTING (mIR chat, yahoo masanger, Gtalk,
dll), E-MAIL, FRIENDSTER, FACEBOOK, dan TWITTER.
Kegemaran berkomunikasi yang bermedia internet ini
menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut
komunitas virtual.
Penggunaan jenis sarana komunikasi akan
mempengaruhi keserempakan waktu komunikasi.
Terdapat 2 jenis komunikasi daring :
1. KOMUNIKASI DARING SINKRON
(Serempak)
adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai
media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata
(real time).
adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai
media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata
(real time).
Contoh komunikasi sinkron :
a. TEXT CHAT : sebuah fitur, aplikasi, atau program
dalam jaringan internet untuk berkomunikasi dan
bersosialisasi langsung sesama pemakai internet
yang sedang daring (yang sama-sama sedang
menggunakan internet). Komunikasi text dapat
mengirim pesan dengan text kepada orang lain
yang sedang daring, kemudian orang yang dituju
membalas pesan text, demikian seterusnya. Itulah
proses terjadinya text chating.
dalam jaringan internet untuk berkomunikasi dan
bersosialisasi langsung sesama pemakai internet
yang sedang daring (yang sama-sama sedang
menggunakan internet). Komunikasi text dapat
mengirim pesan dengan text kepada orang lain
yang sedang daring, kemudian orang yang dituju
membalas pesan text, demikian seterusnya. Itulah
proses terjadinya text chating.
b. VIDEO CHAT : merupakan teknologi untuk
melakukan interaksi audio dan video secara real
time antara pengguna dilokasi yang berbeda. Video
chating biasanya dilakukan melalui perangkat
komputer maupun tablet atau smartphone (juga
disebut telepon video call).
melakukan interaksi audio dan video secara real
time antara pengguna dilokasi yang berbeda. Video
chating biasanya dilakukan melalui perangkat
komputer maupun tablet atau smartphone (juga
disebut telepon video call).
2. KOMUNIKASI DARING ASINKRON (Tak Serempak)
adalah komunikasi menggunakan perangkat
komputer dan dilakukan secara tunda.
Contoh komunikasi daring asinkron adalah E-
MAIL,FORUM,REKAMAN SIMULASI VISUAL, serta
membaca dan menulis dokumen daring melalui
World Wide Web.
adalah komunikasi menggunakan perangkat
komputer dan dilakukan secara tunda.
Contoh komunikasi daring asinkron adalah E-
MAIL,FORUM,REKAMAN SIMULASI VISUAL, serta
membaca dan menulis dokumen daring melalui
World Wide Web.
A. PELAKSANAAN KOMUNIKASI DARING
1. KOMUNIKASI DARING ASINKRON (Tak Serempak)
adalah komunikasi menggunakan perangkat
komputer dan jaringan internet yang dilakukan
secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara
lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social
network) dan website. Contohnya menggunakan
email. Alamat e-mail merupakan bagian dari
identitas di dunia maya.
komputer dan jaringan internet yang dilakukan
secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara
lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social
network) dan website. Contohnya menggunakan
email. Alamat e-mail merupakan bagian dari
identitas di dunia maya.
E-mail singkatan dari Electronic-mail yang berarti
surat elektronik disingkat surel. Lebih khusus,
email adalah cara pengiriman data, fail text, foto
digital, file audio, dan video dari satu komputer ke
komputer lainnya dalam jaringan internet.
Kelebihan e-mail dibandingkan surat
biasa
surat elektronik disingkat surel. Lebih khusus,
email adalah cara pengiriman data, fail text, foto
digital, file audio, dan video dari satu komputer ke
komputer lainnya dalam jaringan internet.
Kelebihan e-mail dibandingkan surat
biasa
a. e-mail akan langsung terkirim ke
alamat tujuan dalam waktu yang
singkat
alamat tujuan dalam waktu yang
singkat
b. e-mail dapat menampung lampiran
(attachment) berupa file digital
(attachment) berupa file digital
c. sebagian besar e-mail tidak
memerlukan biaya selain untuk
koneksi internet
Dari segi layanan, terdapat e-mail
gratis dan e-mail berbayar
memerlukan biaya selain untuk
koneksi internet
Dari segi layanan, terdapat e-mail
gratis dan e-mail berbayar
a. E-mail gratis adalah kegiatan surat
menyurat melalui jaringan internet
tanpa mengeluarkan biaya dalam
penggunaannya. Contoh e-mail gratis
adalah : Yahoo! mail, Gmail,
Livemail, Hotmail, dll.
menyurat melalui jaringan internet
tanpa mengeluarkan biaya dalam
penggunaannya. Contoh e-mail gratis
adalah : Yahoo! mail, Gmail,
Livemail, Hotmail, dll.
b. E-mail berbayar adalah kegiatan
surat menyurat melalui jaringan
internet yang dikenai biaya
tambahan.Anda diwajibkan
membayar untuk berlangganan e-
mail dengan layanan yang tidak
didapatkan pada e-mail gratis.
Sebagai contoh Yahoo! mail plus
dengan berbagai layanan tambahan,
antara lain : tambahan kapasitas e-
mail, perlindungan terhadap virus,
bebas iklan, dan berbagai layanan
tambahan lainnya.
surat menyurat melalui jaringan
internet yang dikenai biaya
tambahan.Anda diwajibkan
membayar untuk berlangganan e-
mail dengan layanan yang tidak
didapatkan pada e-mail gratis.
Sebagai contoh Yahoo! mail plus
dengan berbagai layanan tambahan,
antara lain : tambahan kapasitas e-
mail, perlindungan terhadap virus,
bebas iklan, dan berbagai layanan
tambahan lainnya.
Gmail adalah salah satu penyedia
layanan email tidak berbayar.Gmail
adalah layanan yang disediakan oleh
Google. Berikut beberapa fasilitas
yang dimiliki Gmail.
layanan email tidak berbayar.Gmail
adalah layanan yang disediakan oleh
Google. Berikut beberapa fasilitas
yang dimiliki Gmail.
a. Memiliki kapasitas penampungan
e-mail yang besar. Secara terus
menerus kapasitas penampungan
tersebut selalu bertambah.
e-mail yang besar. Secara terus
menerus kapasitas penampungan
tersebut selalu bertambah.
b. Memiliki fasilitas pencarian
(search) untuk membantu proses
pencarian e-mail tertentu dalam
penampungan e-mail anda.
(search) untuk membantu proses
pencarian e-mail tertentu dalam
penampungan e-mail anda.
c. Mendapat layanan POP dan
Forwarding POP (Post Office
Protocol), ialah layanan untuk
mengunduh e-mail dari Gmail ke
komputer pribadi sehingga dapat
anda baca secara luring (offline).
Forwarding POP (Post Office
Protocol), ialah layanan untuk
mengunduh e-mail dari Gmail ke
komputer pribadi sehingga dapat
anda baca secara luring (offline).
d. Mendapat akses aplikasi Google
lainnya, antara lain :
1. Google Drive : Aplikasi ini
memungkinkan anda untuk
membuka lampiran dokumen secara
langsung tanpa mengunduh terlebih
dahulu
2. Google Talk : Memungkinkan
semua pengguna Gmail untuk
berkomunikasi secara sinkron.
3. Google Calender :
Memungkinkan anda untuk
mengagendakan berbagai kegiatan.
lainnya, antara lain :
1. Google Drive : Aplikasi ini
memungkinkan anda untuk
membuka lampiran dokumen secara
langsung tanpa mengunduh terlebih
dahulu
2. Google Talk : Memungkinkan
semua pengguna Gmail untuk
berkomunikasi secara sinkron.
3. Google Calender :
Memungkinkan anda untuk
mengagendakan berbagai kegiatan.
DEFINISI KELAS MAYA , MANFAAT KELAS MAYA , JENIS
KELAS MAYA , DAN FITUR KELAS MAYA
PENGERTIAN.
KELAS MAYA , DAN FITUR KELAS MAYA
PENGERTIAN.
Kelas maya atau yang biasa disebut virtual class
merupakan bentuk penerapan teknologi informasi di
bidang pendidikan, merupakan perubahan proses belajar
mengajar konvensional menjadi bentuk digital.
merupakan bentuk penerapan teknologi informasi di
bidang pendidikan, merupakan perubahan proses belajar
mengajar konvensional menjadi bentuk digital.
Proses pembelajaran kelas maya dapat berjalan apabila
didukung dengan pemanfaatan Teknologi
Informasi sebagai alat dukung.
Peran guru dalam proses pembelajaran yang
mengintegrasikan Teknologi Informasi diharapkan
sebagai fasilitator ( penyedia ), kolaborator, mentor,
pelatih, pengarah dan teman belajar serta dapat
memberikan pilihan dan tanggung jawab yang besar
kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar yang
real.
didukung dengan pemanfaatan Teknologi
Informasi sebagai alat dukung.
Peran guru dalam proses pembelajaran yang
mengintegrasikan Teknologi Informasi diharapkan
sebagai fasilitator ( penyedia ), kolaborator, mentor,
pelatih, pengarah dan teman belajar serta dapat
memberikan pilihan dan tanggung jawab yang besar
kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar yang
real.
Sementara itu, peran siswa sendiri dalam proses
pembelajaran yang mengintegrasikan Teknologi
ini memungkinkan siswa menjadi partisipan
aktif. menghasilkan dan berbagi ( sharing) pengetahuan/
keterampilan serta berpartisipasi sebanyak mungkin
sebagaimana layaknya seorang ahli dalam bidangnya,
belajar secara otodidak dan berkolaboratif dengan siswa
lain.
pembelajaran yang mengintegrasikan Teknologi
ini memungkinkan siswa menjadi partisipan
aktif. menghasilkan dan berbagi ( sharing) pengetahuan/
keterampilan serta berpartisipasi sebanyak mungkin
sebagaimana layaknya seorang ahli dalam bidangnya,
belajar secara otodidak dan berkolaboratif dengan siswa
lain.
FITUR KELAS MAYA.
1. Konten yang relevan dengan tujuan belajar.
2. Menggunakan metode instruksional seperti contoh
dan praktek untuk membantu belajar siswa.
dan praktek untuk membantu belajar siswa.
3. Menggunakan elemen media seperti kalimat dan
gambar untuk mendistribusikan konten dan metode
belajar.
gambar untuk mendistribusikan konten dan metode
belajar.
4. Pembelajaran dapat secara langsung dengan
instruktur (synchronous) ataupun belajar secara
individu atau otodidak (asynchronous).
instruktur (synchronous) ataupun belajar secara
individu atau otodidak (asynchronous).
5. Membangun wawasan dan teknik baru yang
dihubungkan dengan tujuan belajar.
dihubungkan dengan tujuan belajar.
JENIS KELAS MAYA
Learning Management System (LMS)
merupakan salah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk
perencanaan, pengiriman, dan pengelolaan kegiatan
dalam sebuah organisasi pembelajaran, termasuk
pembelajaran daring (online), ruang kelas virtual, dan
program instruktur yang terpimpin. Contoh dari LMS
antara lain; Moodle, Dokeos, aTutor.
LCMS adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk
mengelola konten pembelajaran dalam berbagai bidang
pelatihan dan pengembangan. LCMS tidak hanya dapat
membuat, mengelola, dan memberikan modul-modul
pelatihan saja, tetapi juga mengelola dan menyunting
(edit) semua bagian yang membentuk sebuah katalog
pelatihan. Aplikasi LCMS memungkinkan pengguna
untuk membuat, mengimpor, mengelola, mencari, dan
menggunakan kembali unit kecil dari konten
pembelajaran digital dan aset, yang sering pula disebut
sebagai objek pembelajarandapat mencakup file media
yang dikembangkan dalam penilaian item, simulasi,
teks, gambar atau benda lain yang membentuk konten
dalam kursus tersebut diciptakan. Contoh dari LCMS
antara lain: Claroline,e-doceo solutions.
jejaring sosial untuk pembelajaran yang terjadi pada
skala yang lebih luas daripada kelompok belajar.
merupakan salah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk
perencanaan, pengiriman, dan pengelolaan kegiatan
dalam sebuah organisasi pembelajaran, termasuk
pembelajaran daring (online), ruang kelas virtual, dan
program instruktur yang terpimpin. Contoh dari LMS
antara lain; Moodle, Dokeos, aTutor.
LCMS adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk
mengelola konten pembelajaran dalam berbagai bidang
pelatihan dan pengembangan. LCMS tidak hanya dapat
membuat, mengelola, dan memberikan modul-modul
pelatihan saja, tetapi juga mengelola dan menyunting
(edit) semua bagian yang membentuk sebuah katalog
pelatihan. Aplikasi LCMS memungkinkan pengguna
untuk membuat, mengimpor, mengelola, mencari, dan
menggunakan kembali unit kecil dari konten
pembelajaran digital dan aset, yang sering pula disebut
sebagai objek pembelajarandapat mencakup file media
yang dikembangkan dalam penilaian item, simulasi,
teks, gambar atau benda lain yang membentuk konten
dalam kursus tersebut diciptakan. Contoh dari LCMS
antara lain: Claroline,e-doceo solutions.
jejaring sosial untuk pembelajaran yang terjadi pada
skala yang lebih luas daripada kelompok belajar.
Mengingat skala sosialnya yang lebih besar, media ini
bagi sebagian peserta dapat menyebabkan pengubahan
sikap dan perilaku, sedangkan bagi sebagian lain tidak
menimbulkan dampak apa-apa.
Penggunaan jejaring sosial untuk pembelajaran di
Indonesia merupakan hal yang baru. Hal yang suka atau
tidak suka harus kita hadapi bersama adalah kenyataan
bahwa penggunaan komputer atau laptop masih jauh
dari merata di tanah air kita.
bagi sebagian peserta dapat menyebabkan pengubahan
sikap dan perilaku, sedangkan bagi sebagian lain tidak
menimbulkan dampak apa-apa.
Penggunaan jejaring sosial untuk pembelajaran di
Indonesia merupakan hal yang baru. Hal yang suka atau
tidak suka harus kita hadapi bersama adalah kenyataan
bahwa penggunaan komputer atau laptop masih jauh
dari merata di tanah air kita.
MANFAAT KELAS MAYA
-Di dalam pelaksanaan ‘Virtual Classroom’ terdapat
berbagai manfaat yang diperoleh oleh para pelajar.
Pembelajaran yang berasaskan IT mendorong pelajar
untuk meningkatkan pengetahuan dan prestasi mereka
di dalam penggunaan teknologi yang terkini bagi
mencapai matlamat mereka. Selain menambah ilmu
mereka juga dapat menaik taraf penggunaan media di
dalam kehidupan seharian mereka.
berbagai manfaat yang diperoleh oleh para pelajar.
Pembelajaran yang berasaskan IT mendorong pelajar
untuk meningkatkan pengetahuan dan prestasi mereka
di dalam penggunaan teknologi yang terkini bagi
mencapai matlamat mereka. Selain menambah ilmu
mereka juga dapat menaik taraf penggunaan media di
dalam kehidupan seharian mereka.
-Selain dari itu, mode pelaksanaan kelas maya ini
memerlukan pelajar untuk berinteraksi dan memberikan
pendapat di dalam forum yang telah disediakan. Melalui
forum ini pelajar akan mendapat maklumbalas dan
seterusnya memberi respon yang sewajarnya bagi
sesuatu topik yang dibincangkan. Melalui kaedah ini,
pembelajaran, pemikiran kritis dan kreatif boleh berlaku
dengan berkesan. Melalui interaktiviti juga seseorang
pelajar akan mencari maklumat selanjutnya untuk
memenuhi keperluan ingin tahunya dan membina
pengetahuan baru mengenai sesuatu konsep dan
kefahaman. Secara tidak langsung ia dapat menjadikan
pelajar sebagai seorang yang berdikari dan peka
terhadap pembelajaran yang dialaminya.
memerlukan pelajar untuk berinteraksi dan memberikan
pendapat di dalam forum yang telah disediakan. Melalui
forum ini pelajar akan mendapat maklumbalas dan
seterusnya memberi respon yang sewajarnya bagi
sesuatu topik yang dibincangkan. Melalui kaedah ini,
pembelajaran, pemikiran kritis dan kreatif boleh berlaku
dengan berkesan. Melalui interaktiviti juga seseorang
pelajar akan mencari maklumat selanjutnya untuk
memenuhi keperluan ingin tahunya dan membina
pengetahuan baru mengenai sesuatu konsep dan
kefahaman. Secara tidak langsung ia dapat menjadikan
pelajar sebagai seorang yang berdikari dan peka
terhadap pembelajaran yang dialaminya.
0 komentar:
Posting Komentar