Selasa, 18 April 2017

Pandangan Terhadap Konflik

Pandangan Terhadap Konflik

  1. Pandangan Tradisional
Menurut pandangan tradisional terjadinya konflik organisasi di pandang sebagai suatu prises yang sangat sederhana dan optimistik, karena pandangan tersebut didasarkan pada asumsi-asumsi bahwa:
–          Konflik secara teoritis dapat dihindari
–          Konflik muncul karena adanya orang yang menjadi (pengacau”, atau pengganggu situasi, karena konflik terjadi sebagai akibat dari adanya anggapan bahwa seseorang lain suka mengacau atau mengganggu situasi
–          Bentukbentuk resmi merupakan otoritas penanganan konflik melalui jalur peraturan.
–          Konflik digunakan untuk mengkambing hitamkan pihak-pihak tertentu.
–         
  1. Pandangan Modern
Pandangan modreb berbeda dengan pandangan tradisional dalam menilai konflik organisasi. Menurut pandangan ini konflik dianggap baik, artinya dalam kehidupan organisasi perlu ada. Karena konflik ini dapat membuat individu mempertahankan argumentasi yang dibuatnya, berpikir lebih kritis, inovatif, dan kreatif.
Dari berbagai penjelasan yang dikemukakan tentang pandangan modern terhadap konflik di atas, maka muncul beberapa asumsi yang mengatakan bahwa :
–          Konflik tidak dapat dihindari, karena itu dapat terjadi pada setiap organisasi. Dengan kata lain, jika muncul konflik, maka konflik tersebut perlu dicarikan solusinya yang efektif dan tidak dibiarkan apalagi dihindari.
–          Konflik dapat terjadi karena adanya berbagai faktor struktural dalam organisasi, yang secara khusus adalah konflik yang berkaitan dengan konflik hierarki.
–          Konflik menyatu dalam organisasi, artinya konflik harus ada dalam organisasi. Dengan adanya konflik yang menyatu dalam organisasi, maka setiap organisasi ditantang untuk dapat berubah dan berkembang ke arah yang lebih produktif.
–          Konflik yang muncul berskala minimal akan dapat mengoptimalkan produktivitas kerja organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

animasi blog
 
Gudang Ilmu Pengetahuan Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template