Rabu, 12 April 2017

Materi Pemasaran Online

Pengertian Pemasaran Online atau Internet Marketing
Pemasaran online adalah seni dan ilmu menjual produk dan atau jasa melalui jaringan digital (digital network), seperti internet dan jaringan telepon selular. Seni pemasaran online melibatkan proses menemukan strategi pemasaran yang tepat bagi target pasar tertentu sehingga memungkinkan untuk terjadinya transaksi. Sementara sebagai ilmu, pemasaran online berkaitan dengan proses penelitian dan analisa terharap strategi pemasaran online yang dipilih sekaligus pengukuran tingkat kesuksesan dari strategi tersebut. (sumber)
Online advertising (Periklanan online), atau disebut juga online marketing (pemasaran Online) atau internet advertising (Periklanan Internet) adalah bentuk pemasaran dan periklanan yang dalam penyampaian pesan promosinya menggunakan media internet. (sumber)
Termasuk di dalamnya adalah pemasaran melalui surat elektronik (email marketing), pemasaran melalui mesin pencari (search engine marketing), pemasaran melalui media sosial (social media marketing), beberapa jenis display advertising termasuk periklanan banner website (web banner advertising), dan mobile advertising. sama halnya seperti media iklan lainnya, pemasaran online melibatkan:
– Penerbit (publisher) sebagai pihak yang mengintegrasikan iklan ke dalam sebuah kontent online, dan;
– Pengiklan (advertiser) yang menyediakan iklan untuk ditampilkan pada kontent online publisher.
Pihak lain yang juga biasanya terlibat dalam aktifitas pemasaran online adalah;
– Biro iklan (advertising agencies) yang membantu menghasilkan dan menempatkan salinan iklan;
– Ad server yang berhubungan dengan teknologi penyampian iklan dan juga pelacakan statistik;
– Advertising affiliates yang secara independent melakukan promosi untuk pengiklan.
Perkembangan pemasaran online terbilang sangat pesat. Bahkan mungkin yang tercepat dari bentuk pemasaran lainnya. Salahsatu pendorongnya adalah karakter media internet yang lepas batas, dan teknologi yang juga terus berkembang sesuai kebutuhan berbagai pihak. Pada tahun 2011, pendapatan pemasaran online di Amerika mampu melampaui periklanan di TV cable bahkan hampir melebihi siaran televisi. Pada tahun 2013, pemasaran online memiliki pendapatan total $42.8 miliar meningkat 17% dari tahun 2012. Seperti apa sejarah pemasaran online, baca di sini.
Cara penyampaian pesan promosi dalam Pemasaran Online:
Display Advertising
Display advertising menyampaikan pesan iklan secara visual menggunakan teks, logo, animasi, video, foto, atau grafis lainnya. advertiser biasanya menggunakan cookies yang berfungsi untuk mengidentifikasi komputer konsumen yang memiliki potensi. Cookies dapat melacak apakah pengguna meninggalkan halaman tanpa melakukan pembelian sehingga pengiklan bisa melakukan retargeting dengan iklan dari situs yang dikunjungi pengguna.
Web banner advertising
Banner website atau iklan banner merupakan salah satu bentuk display advertising yang penyampaian pesan iklannya dilakukan melalui grapik dan di pasang di halaman website/blog. Tampilannya bisa di atas, samping (sidebar), bawah, atau bahkan di dalam konten. Saat ini iklan banner banyak menggunakan grapik yang interaktif seperti animasi, penggabungan video, audio, button, form, dan lain-lain.
Frame Ad (banner tradisional)
Frame ad adalah bentuk pertama dari iklan banner. Situs publisher biasanya membuat halaman khusus untuk frame ad ini. Bentuk iklan ini biasanya memiliki ukuran standar yang disepakati secara konvensional

0 komentar:

Posting Komentar

animasi blog
 
Gudang Ilmu Pengetahuan Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template