Selasa, 11 April 2017

MATERI PEMASARAN ONLINE KELAS X

MATERI PEMASARAN ONLINE KELAS X

A.     Definisi Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen.
Ada pula tiga pendapat tentang pemasaran :
1.      William j.Stanton, 1978
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang diajukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
2.      The American Marketing Association
Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan dunia usaha yang mengakibatkan aliran barang dan jasa dari para produsen ke para konsumen.
3.      Philip Kotler, 1995
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.
Proses pemasaran meliputi aspek fisik dan nonfisik. Aspek fisik menyangkut perpindahan barang-barang ketempat dimana mereka dibutuhkan. Sedangkan aspek nonfisik dalam arti bahwa para penjual harus mengetahui apa yang diinginkan oleh para pembeli dan pembeli harus pula mengetahui apa yang dijual.
A.   Konsep Pemasaran
          Menurut Swastha (1979:17) mendefinisikan “konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan”.
Ada lima konsep pemasaran yang mendasari cara perusahaan melakukan kegiatan pemasaran, yaitu :
1.      Konsep berwawasan produksi
Konsep ini berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang mudah didapat dan murah harganya sehingga fokus utamanya adalah meningkatkan efisiensi produk dan memperluas cakupan distribusi.
2.      Konsep berwawasan produk
Konsep ini berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang menawarkan mutu, kinerja terbaik dan hal-hal inovative lainnya sehingga fokus utamanya adalah membuat produk yang lebih baik dan berusaha terus menerus untuk menyempurnakannya.
3.      Konsep berwawasan penjualan
Konsep ini berpendapat bahwa kalau konsumen dibiarkan saja maka konsumen tidak akan membeli produk perusahaan dalam jumlah cukup. Oleh karna itu, perusahaan harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
4.      Konsep berwawasan pemasaran
Konsep ini berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada persaingannya. Konsep ini didasarkan pada empat sensi utama, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran yang terkoordinasi, serta keuntungan.
5.      Konsep berwawasan pemasaran bermasyarakat
Konsep ini berpendapat bahwa tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan dan keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhinnya dengan lebih efektif dan efisiensi daripada saingannyadengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
Konsep pemasaran (marketing concept). Konsep pemasaran tersebut dibuat dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu:
1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen/ pasar.
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.

         
Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba, atau dapat diartikan sebagai perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak.
B.   Strategi Pemasaran
Perencanaan dapat mencakup suatu periode waktu yang panjang atau pendek. Perencanaan jangka panjang ( multi tahun : 3, 5, 10, atau bahkan 25 tahun ) biasanya melibatkan peranan dari manajemen puncak dan atau staf perencanaan khusus. Perencanaan jangka pendek ( samapai dengan 1 tahun ) biasanya dilakukan oleh manajemen menengah atau bawah ( middle or bottom management ), biasanya menyangkut kampanye periklanan unruk periode yang akan datang, pembelian pada musim yang akan datang, atau menyangkut daerah operasi dari tenaga pemasaran.
Membuat Website
Cara Membuat Website
  1.  Kunjungi situs penyedia Layanan pembuatan Website, disini akan saya beri contoh menggunakan situs penyedia layanan yang cukup populer di Indonesia, yaitu IDHostinger. Langsung saja kunjungihttp://www.idhostinger.com/
  2. Setelah terbuka, selanjutnya klik Buat Akun. Letaknya ada di pojok kanan atas, dekat form login.
Cara Membuat Website Sederhana Pemula 1
  1. Di halaman ini Anda diwajibkan mengisi. Nama, E-mail dan Password Anda. Isikan sesuai tempatnya.
Cara Membuat Website Sederhana Pemula 2

Jangan lupa centang, Saya setuju dengan Ketentuan Penggunaan Layanan.
  1. Selanjtunya, kita buka Tab Baru dan masuk ke Email kita, untu mengaktivasi Akun kita. Nanti ada dua Email dari yang dikirim oleh IDHostinger, Anda lihat saja yang pertama atau yang paling bawah.
Cara Membuat Website Sederhana Pemula 3


Tingal Anda klik atau salin link tersebut ke Address Bar dan klik Enter.
  1. Disini kita akan disuruh memilih Paket Hosting yang akan kita pakai nanti untuk Membuat Website. Karena kita hanya akan Membuat Web untuk Belajar saja, maka kita Order saja yang Paket Gratis.
Cara Membuat Website Sederhana Pemula 4

  1. Kalau diatas kita sudah memesan Hostingan makan setelah itu kita akan diberi hadiah SubDomain. Untuk SubDomainnya ada banyak pilihan, silahkan Anda pilih yang paling cocok atau sesuai dengan selera Anda. Lalu klik Buat.
Cara Membuat Website Sederhana Pemula 5

  1. SubDomain + Hosting Anda akan dibuat, jadi tunggu hingga muncul pemeberitahuan 'Akun telah dibuat 100%' di pojok kanan bawah.
Cara Membuat Website Sederhana Pemula 6


Selanj
utnya, silahkan Anda klik Lihat Hasil.
  1. Dari sini kita sudah berhasil membuat akun untuk membuat Websitenya, namun kita belum memesan Hosting + SubDomain atau dengan kata lain suah berhasi Mendaftar / Membuat Website. Namun kita harus melanjutkan untuk mengisi website kita dengan Artikel atau File. Caranya dengan mengklik tombol Kelola.
Cara Membuat Website Sederhana Pemula 7

  1. Maka Anda akan dibawa ke Cpanel (Control Panel). Disinilah tempat Anda mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan website Anda. Mulai dari :
    • Menambah Subdomain
    • Parkir Domain
    • Impor Website
    • Impor Database
    • Mengatur Halaman Error

Dan
masih banyak lagi. Namun kita tidak akan membahas fitur-fitur yang ada di Cpanel ini (butuh watu berhari-hari). Tujuan kita masuk Cpanel adalah untuk mengambil Data mengenai : 'Nama pengguna'.

Lihat dan sil
ahkan Anda Catat (kalau bisa dikertas atau buku).
Cara Upload File ke Website Menggunakan FTP
Untuk mengupload suatu file kedalam Website atau lebih tepatnya kedalam Hosting (rumah) sebenarnya cukup mudah, yaitu cukup dengan mengklik File Manajer dan tinggal Anda pilih file yang akan Anda Upload.

Tapi yang jadi masalah bagaimana jika kita ingin mengupload file kedalam Hosting saat kita menggunakan HandPhone ? tentu kita tidak mungkin masuk File Manajer yang ada disediakan IDHostinger, karena ada beberapa Javascript yang harus dijalankan, dan itu tidak mungkin dijalankan di browser Handphone (operamini / ucbrowser).

Maka dari itu, disini kita akan meminta bantuan FTP. FTP Online ini fungsinya menjadi perantara, Antara file yang akan kita upload dengan Hosting yang sudah kita pesan tadi (tanpa melalui file manajer).

Mohon maaf disini saya akan memberikan screenshotnya dari tampilan PC, tapi sebenarnya sama persis kok tampilannya antara di PC dan Handphone, karena saya sering membuka di HP juga.

Untuk Upload filenya mealalui FTP Online tentunya kita harus memilih 1 dari ribuan FTP Online yang ada di Internet, disini saya memutuskan untuk memilih Net4India karena sudah support https dan yang terpenting adalah sangan HandPhone Friendly (nyaman dan tidak terlalu berat jika dibuka melalui hp).

Sekarang, langkah-langkah Cara Upload File ke Website atau Hosting menggunakan FTP Online.


  1. Buka https://ftp.net4india.com/
Cara Upload File Website Hosting 1

2.      Tadi sebelumnya saya menyuruh Anda untuk mencatat 'Nama pengguna' bukan ? gunanya ya untuk mengisi Login Panel di FTP ini. Ada tiga form yang harus Anda isi.

FTP server: Isikan Nama Domain Anda
Username: Isikan Nama Pengguna
Password: Isikan Password

Setelah semua terisi silahkan Anda klik Login.

* yang dimaksud password disini adalah password saat Anda mengisi SubDomain, jadi bukan password saat Anda membuat akun IDHostinger.
Cara Upload File Website Hosting 2

  1. Setelah klik Login, maka Anda akan masuk kedalam direktori root.
Cara Upload File Website Hosting 3

4.      Di direktori (folder) ini Anda tidak bisa mengupload apapun, andai kata bisa upload, Anda tidak akan bisa mengaksesnya melalui url (tidak bisa diakses umum), karena filenya berada di dalam. Solusinya Anda klik dulu public_html.
  1. Disinilah tempat untuk mengatur halaman depan website Anda. Cara Mengaturnya, pertama-tama Anda hapus dulu default.php yang ada di direktori public_html ini. Ohya, default.php ini isinya adalah ucapan selamat datang yang otomatis dibuat oleh pihak IDHostinger, jadi kita hapus saja tidak masalah.
Cara Upload File Website Hosting 4

6.      Centang filenya dan pilih Delete. Lalu pilih Submit, dan klik Back untuk kembali ke public_html.
  1. Langkah selanjutnya tinggal kita upload file kita
Ø  Memanfaatkan Search Engine
Setelah website Anda jadi, Anda perlu sedikit mendalami cara agar website Anda memiliki rangking tertinggi di search engine seperti google, yahoo, dll. Istilah kerennya SEO, search engine optimization (optimalisasi mesin pencari). Ada beberapa petunjuk agar website Anda didata dengan cepat oleh mesin pencari, bacalah artikel dari google ini:

http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=34397
Untuk menguji apakah website Anda memiliki rating yang tinggi untuk pencarian kata-kata tertentu, gunakan tools ini:
http://www.widexl.com/remote/search-engines/metatag-analyzer.html
Anda dapat mendalami masalah SEO ini lebih dalam di:
·         www.perfect-optimization.com
·         www.site-reference.com

Untuk mengetahui keyword mana yang paling populer dan layak untuk dijadikan kata kunci:
adwords.google.com (daftar, login, klik menu tools > kemudian keyword tools)
Ø  Iklan Klik
Keuntungan iklan yang dibayar per klik ini adalah:
1.      Anda hanya membayar jika iklan di klik orang.
2.      Dapat menentukan budget perhari, sehingga jika jumlah tagihan melebihi budget, maka iklan tidak ditayangkan.
3.      Dapat menentukan segmen pengunjung yang diinginkan.
4.      Menentukan kata-kata pencarian tertentu saja, misalkan jika ada orang yang mencari kata ABC maka iklan Anda baru muncul.
5.      Tarif per klik ditentukan dengan sistem lelang, sehingga Anda dapat memilih kata-kata yang memiliki nilai yang murah saja.
Kelemahannya:
1.      Ada tangan-tangan jahil yang asal klik sehingga timbul tagihan yang tidak semestinya.
2.      Ada yang sekedar iseng kepingin tahu dimana dia buka target pasar sebenarnya.
3.      Tarif per klik menjadi mahal untuk kata-kata yang sangat populer.
Ø  Iklan Banner
Banyak website yang menyediakan space untuk pemasangan Banner (berupa gambar).
Keuntungan:
1.      Budget fix perbulan, tidak tergantung jumlah klik (tapi ada juga banner yg dibayar per-klik).
2.      Ekspos iklan yang lebih tinggi, tergantung popularitas web dimana Anda memasang banner.
Kelemahan:
1.      Sulit diatur segmentasinya.
2.      Mahal.
Ø  Iklan Baris/Mini
Ini merupakan cara promosi/iklan yang paling populer, dimana Anda cukup mendaftar kemudian menulis artikel iklan yang diinginkan.

Keuntungan:
1.      Gratis
2.      Mudah
3.      Cepat
Kelemahan:
1.      Iklan turun ke bawah setiap kali ada yang posting iklan baru.
2.      Hanya tampil jika pengunjung website tersebut memang lagi mencari produk yang sesuai dengan produk Anda saja.
Ø  Komunitas, Forum dan Grup Diskusi
Cara pemasaran di dunia maya yang cukup populer adalah dengan ikut aktif di forum-forum dan grup diskusi. Dengan cara ini secara tidak langsung Anda dapat mengenalkan bisnis Anda kepada komunitas yang umumnya memiliki kesamaan dalam hal tertentu, apakah itu komunitas hobi, bisnis, sekolah, dsb.
Keuntungan:
·         Promosi Anda lebih diterima karena Anda merupakan bagian dari komunitas yang cukup dikenal di sana.
Kelemahan:
1.      Promosinya tidak blak-blak-an tapi terselubung sehingga hanya efisien jika anggota lain memang tertarik dengan tulisan/artikel Anda.
2.      Tidak semua forum-grup diskusi mengizinkan beriklan secara terbuka.
Ø  Email
Cara promosi ini akan efektif jika produk Anda memang sesuai dengan kebutuhan penerima email, yaitu pas timingnya, jika tidak maka email Anda akan dianggap sebagi SPAM (email sampah).
Jadi pandai-pandailah:
1.      Menyusun prospek beserta alamat emailnya.
2.      Susun kata-kata yang pas, jangan samaratakan konsep tulisan.
3.      Jangan sebut kata Anda, tapi sebutlah nama penerima di dalam email, agar lebih personal.
4.      Buat text subject yang menarik.
5.      Kosa kata yang baik dan sopan, ringan dan tidak terlalu banyak, langsung ke inti permasalahan dan terangkan keunggulan Anda.
6.      Jangan kirim ke banyak tujuan sekaligus, (alamat pengiriman jangan disatukan untuk banyak alamat email), satu email untuk satu alamat email. Karena banyak program anti spam yang akan memasukan email Anda ke kategori spam dan langsung membuangnya ke tempat sampah, atau yang lebih parah, penerima email akan melaporkan Anda sebagai spammer yang akhirnya webhosting Anda akan menutup alamat website Anda.
7.      Tambahkan penjelasan, "jika Anda tidak berkenan menerima email seperti ini, mohon kirim email kosong ke alamat email kami... "
8.      Manfaatkan aplikasi bulk email, yang dapat mengirim email ke banyak alamat sekaligus dengan isi email sama. Seperti misalnyaGroupMail dimana memiliki versi gratis, namun dibatasi untuk pengiriman 100 email sekaligus. Silahkan download dari:http://www.group-mail.com/asp/common/groupmail.asp
PENGERTIAN DAN DEFINISI SEO

Definisi SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) sepertiGoogle, Bing, dan Yahoo.
Contoh SEO
Saya mempunyai sebuah artikel di website ini yaitu “cara membuat jaringan warnet”
belajar seo pemula

Keuntungan Melakukan SEO

1. Mendatangkan Traffic yang Banyak.
2. Meningkatkan Penjualan
3.  Meningkatkan Daya Saing

Sekilas Sejarah SEO

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Dasar SEO Yang Wajib Anda Ketahui
Dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika anda ingin menjadi ahli seo atau membuat situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata kunci yang anda target.
1. On Page SEO
On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking #1 Google.
Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :
1. Title Tag
2. Meta Description
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority

Tittle Tag

Title Tag itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.
dasar seo

Meta Description

Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda, agar meta description terlihat menggoda dan menarik trafik anda perlu memodifikasinya dengan menggunakan plugin SEO by Yoast.
belajar seo untuk pemula

URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

Heading

Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda dengan tag < title >.
Html menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1 (< h1 >) adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (< h6 >) adalah yang terkecil.

Link to Authority Site

Link to authority site yaitu merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs terpercaya / yang dipercayai google seperti yotube, wikipedia, facebook dan masih banyak lagi.
cara mengetahui situs  anda dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs tersebut jika page rank suatu situs lebih dari 7 maka bisa dikatakan situs tersebut sudah dipercayai google ( Authority Site ).Cara untuk mengetahui PR dari suatu situs termudah yaitu anda cukup menginstall Extensi WebRank SEO dari browser Google Chrome dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu dari Toko Web Chrome, untuk Mozila Firefox anda dapat menggunakan seo toolbar dari seobook silahkan cek disini.
belajar so untuk pemula

2. Off Page SEO

Off Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs (menggunakan backlink), “Apa itu Backlink?
Backlink adalah
Link dari halaman situs kita yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.
Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia,Twitter, WordPress, dan lain-lain.
apa itu backlink
PEMASARAN MEDIA ONLINE
A.     Definisi Pemasaran Media Online
Pemasaran menurut Philip Kotler adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk yang bernilai.
            Pemasaran media online pada dasarnya adalah kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada perkembangannya pemasaran online tidak hanya menggunakan media website, namun juga email da aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protocol Internet.
            Terdapat banyak alasan mengapa internet menjadi alat pemasaran yang ideal. Internet bisa menjangkau jutaan orang tetapi juga masih bisa digunakan untuk mengejar target pasar yang terdiri dari sekelompok individu tertentu. 24 jam dalam 7 hari sangat menarik dan tidak terdapat batasan geografis. Menurut Internet Marketing for Dummies, internet adalah sarana yang ideal sekaligus yang terburuk untuk memasang iklan. Bagusnya adalah iklan online sangat mudah untuk melacak jumlah orang yang telah mengunjungi iklan yang dipasang. Segi buruknya adalah tidak bisa memastikan bahwa iklan tersebut langsung menghasilkan penjualan.
B.     Strategi Pemasaran Media Online
Strategi komunikasi pemasaran media online adalah melakukan aktivitas pemasaran dengan menggunakan semua fasilitas yang disediakan oleh internet dengan tujuan meningkatkan hasil penjualan dan menjalin komunikasi yang lebih baik kepada pelanggan.
Ada sejumlah alasan mengapa pengusaha mulai membidik pasar Internet.
Ø  Para penonton televisi mulai berpindah ke Internet.
Ø  Untuk membidik pasar internet menggunakan iklan yang dapat di update setiap waktu dengan biaya minimal.
Ø  Pasar internet dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan global.
Ø  Biaya untuk iklan online kadang-kadang lebih murah dibandingkan iklan televisi, koran, atau radio.
Ø  Iklan di Internet dapat secara efisien menggunakan konvergensi teks, audio, grafik, dan animasi.
Ø  Internet sendiri sedang berkembang dengan pesatnya.
Ø  Kita dapat membuat iklan secara interaktif dan dibidikkan ke kelompok-kelompok tertentu dan atau perorangan.
C.      Dampak Positif dan Negatif Pemasaran Media Online
1.     Dampak positif
-       Tidak membutuhkan modal usaha terlalu besar
-       Menjangkau pasar yang lebih luas
-       Biaya operasional yang cenderung lebih murah
-       Waktu kerja tidak terbatas
-       Pelayanan yang mudah diberikan kepada konsumen
-       Industri lebih mudah berekspresi
-       Secara tidak langsung dapat mengedukasi konsumen
2.     Dampak negatif
Bagi konsumen :
-       Penipuan
-       Tidak sesuai dengan harapan
-       Keterlambatan pengiriman
-       Kesulitan transaksi
-       Pelayanan buruk
Bagi produsen :
-       Kehilangan segi finansial karna kecurangan
-       Pencurian informasi rahasia yang berharga
-       Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
-       Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak
-       Kehilangan kepercayaan dari para konsumen
-       Kerugian yang tidak terduga
Pemasaran Bisnis Online Yang Efektif Pada Mobile Marketing
1.      Facebook
2.      Twitter
3.      Instagram
Mendongkrak Penjualan Dengan Strategi Mobile Marketing
~Mobile phone Marketing
~Sms Marketing
~Online Marketing
5 Cara Pemasaran Mobile Untuk Bisnis Lokal
1.      Pemasaran Menggunakan Email Marketing
2.      Pemasaran Menggunakan Facebook
3.      Pemasaran Menggunakan ForSquare
4.      Pemasaran Menggunakan Instragam
5.      Pemasaran Mengunakan BBM
ADSENSE DAN BLOGING
ADSENSE
A.     Pengertian Adsense
Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan Adsense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unitiklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
B.     Jenis – jenis Adsense
1.      AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.
a.       Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya
b.      Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.
2.      AdSense for Search dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

C.      Cara Membuat Google Adsense

Google Adsense adalah suatu program penghasil uang di internet yang paling populer baik di dunia maupun di Amerika, akan tetapi sangat disayangkan, ternyata cukup banyak orang Indonesia yang tidak tahu cara membuat akun Adsense. Cara membuat akun Adsense sebetulnya cukup mudah, Anda hanya membutuhkan sebuah website/blog yang sudah berisi cukup banyak (30 - 50 halaman) konten berkualitas, original dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

Selain itu website atau blog Anda juga harus memiliki penampilan atau desain yang profesional dan indah dilihat. Website/blog harus memiliki informasi yang jelas seperti informasi halaman Tentang website (About), kontak yang bisa dihubungi misalkan alamat email atau No.telepon (Contact), serta Privacy Policy (anda bisa mencari contohnya privacy policy di internet). 
Selain itu website/blogyang akan didaftarkan Google Adsense harus sudah memiliki trafik pengunjung. 
Berikut ini langkah-langkah cara membuat akun Adsense: 

1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail, jika belum silahkan buat dulu di www.gmail.com

2. Buka situs Google Adsense di www.google.com/adsense dan klik “Sign up now”, 
Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1O5s0L4SxYpWwyEsnJw4QigVa8dXaeEGidIOnjeQKbo0kL0WOy7HGfkoKo-r6ej7dBF36BT2i56qOxEF02GGT4vBebxFAkw2DXLjdIZxhJO6inyHuVe7gm3SdXs8CDKxksgiMZ7WG0TrI/s320/create+an+adsense+account.png
Pilih “Use email_anda@gmail.com”. 
Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhq623Km4KXD98aASwLZNbnFNihu8oe3kdpUjVK2MOUrlITR_LR7yXeROP-VUJT6-7af1p88X0sQwJtqvYBG7PvWc2VvvkG2Fw-ort8RlskQeR09FJedX6Iqp6nBUGOkKqMW2cj3PKYA4Ss/s320/adsense+account+earn+money+online.png

Lalu isi dengan alamat website atau blog Anda. Kemudian untuk bahasa pilihlah sesuai dengan bahasa konten situs Anda, jika konten Anda ditulis dalam bahasa Indonesia maka pilih Indonesian, jika bahasa inggris maka pilihlah english.

Kemudian checklist dan klik "Continue". 

3. Setelah klik contonue, maka Anda akan melihat kolom isian yang harus Anda
isi. Isilah kolom registrasi yang ada sesuai dengan data diri Anda yang sebenarnya seperti nama lengkap Anda, negara, alamat rumah, nomer telepon, dll. Informasi tersebut akan digunakan Google untuk pembayaran komisi Adsense nantinya, jadi jangan sampe salah tulis. 

Jika sudah lalu klik "Submit". 

Pada tahap ini Anda sudah selesai mendaftar Adsense, namun belum diterima karena aplikasi Anda akan di review oleh pihak Google terlebih dahulu dan harus menunggu hingga beberapa jam atau beberapa hari. Nantinya Anda akan mendapatkan email dari Google jika aplikasi pendaftaran Anda diterima atau ditolak. 

Seandainya pendaftaran Adsense Anda diterima jangan lupa untuk memperhatikan peraturan Google Adsense seperti: 

- Tidak boleh mengklik iklan Adsense milik Anda sendiri 

- Tidak boleh meminta/menyuruh orang lain untuk mengklik iklan Adsense yang ada pada website/blog Anda. 

- Tidak boleh memasang Adsense pada konten ilegal seperti konten dewasa dan konten berhak cipta milik orang lain (copyrighted content). 

- Tidak boleh memiliki akun Adsense lebih dari satu.
BLOG
A.     Pengertian Blog
Blog –singkatan dari web log— adalah situs berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web, yakni sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui intenet.
B.     Jenis-Jenis Blog 
a.      Berdasarkan Platform
1. Free Blogseperti blogger/blogspot, wordpress, dll.
2. Self-Hosting Blog, seperti wordpress.org, joomla, drupal, dll.
3. Citizen Journalism Blog, seperti kompasiana, blogdetik, dll
b.     Berdasarkan Format Isi (Konten)
1.      Vlog. Vlog = Video Blogging = Vlogging,  yaitu blog dengan konten utama berupa video.
2.      Photoblog. Disingkat Phlog yaitu blog dengan konten utama foto.
3.      Audioblog . Blog berisi rekaman vokal atau suara sebagai konten utama, misalnya Podcast dan MP3 blog atau musicblog, yang memungkinakan file musiknya bisa di-download.
4.      Microblog. Microblogging yaitu ngeblog dengan tulisan atau teks terbatas, di bawah 200 karakter, seperti Twitter, Facebook, MySpace, dan LinkedIn. Namun, Facebok saat ini memungkinkan Facebooker menulis status panjang, plus fasilitas Facebook Note.
5.      Niche Blog, blog dengan tema khusus atau berisi topik tertentu, misalnya blog kesehatan, blog politik, dll.
6.      General Blog, blog yang berisi berbagai macam topik, tidak khusus tema tertentu.

c.      Berdasarkan Tema
Jenis blog berdasarkan tema sangatlah banyak, mulai dari:
1.      Blog pribadi (berisi curhat atau catatan pribadi)
2.      Blog politik
3.      Blog kesehatan
4.      Blog mode (fashion blog)
5.      Blog agama
6.      Blog bisnis (toko online)
7.      Blog "asal ada" (dibuat tapi 'gak diupdate-update!).
Ada juga jenis blog lain yang menjadi "common enemy" blogger, yaitu Blog Pengganggu (Spam Blog, Splog). Blog ini hanya berisi tulisan yang "menipu" untuk kepentingan PageRank. Bloggernya sering "blogwalking" untuk berkomentar dengan meninggalkan link aktif atau link hidup (live link).
C.      Cara Membuat Blog
Langkah pertama untuk membuat sebuah blog di blogspot adalah :

1. Pertama-tama anda memerlukan sebuah alamat email, saran saya pakailah layanan gmail dari google. Untuk membuat email dari layanan google tersebut anda bisa langsung menuju keGmail, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnrHiLvWt683fsS6bXp47SZA7h7DTLWdjtW1hlTSXhhywwxDPczAZ3NIyPuoYGTDE3ocGzkWofMdoVSJKUus216b11MH0ODuwmBqIRXEK1oR_mKRme4Azh8g1788MCEycadjjOXbe8ALY/s640/Cara+membuat+blog+-+daftar+Gmail.jpg
2. Langkah selanjutnya isi data-data diform yang disediakan, jangan lupa paling bawah klik “ Saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privacy google ”, setelah itu klik Langkah berikutnya lihat gambar dibawah. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXJS3tM6AM5tJ7vnVJbPss2oH4H0EQiFmDNmT1I7l8RBXPwOdlKxEkFM-1YeMWepkhJ5N5eTSyuMqEcHuqdjX-bp9Tx2LwCMZUZB_Zk5cF1DVOmz0l9KvMj9QUKvNfkr-o-i3GqFKk1T4/s640/Cara+membuat+blog+-+form+gmail+sudah+di+isi+lengkap.jpeg
3.      Selanjutnya, klik kirim kode Verifikasi. lihat lagi gambar dibawah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhj3Th8oRCKayKZfASeA_dunbrRQ44LPAgc6b3JezBPVSp85OGRaia1YpDrFURodepyoTYKMt6o_cF0y4MUTeu_EO-8FkYAC_2zyE57ACvvtS7BBqTBFkckreMJUkFUzkJsBQq9anhGXuw/s640/Cara+membuat+blog+-+verifikasi+akun+gmail.jpeg
4.      sekarang cek ponsel anda, jika belum ada kode verifikasi dari google bisa dicoba lagi beberapa menit kemudian.
5.       Masukan kode verifikasinya seperti dibawah ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgD_uPU6vkW1Dyt_YwQk1paUneAHpetytp_3vvx_Cb6pVIEl_qbvSKnakG7MTwJG56fZjZw42YOsnEoo9dHzYEKzLJg4sSyqc2Hsifo72jZiW3UK61sSAw9VegxhpN447GMLroHCwHC4kM/s640/Cara+membuat+blog+-+kode+verifikasi+akun+gmail.jpeg
6.      Selamat datang di akun Gmail anda, lalu klik “Lanjutkan ke
Gmail”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJ1dxWk_uqEnB69SjMN2zUA8clvK_HITEI2kqFbR0dK_02paNGDkt3Z7JKcu-LFTzTSPgiIczn9vC3rwi9xSxcpzYBT7T21kGz7R6qiYGqCIxbKNAaodM3H0BVK91fJ1lGuy7wX_CxVJk/s640/Selamat+datang+di+akun+gmail+anda.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_W4qElIVS6wpCd-09D-r5sYltbUtG6iqBdMUDQ3ru27OVy0bTKdydthaUkd7lQrQ5oDRJeGWVRjoxr712U49a7GYkZRaDgyD-gsietBcCE2KTYCkT7yI81I4TrCDYCxik1Wik6z389LE/s640/Cara+membuat+blog+-+kotak+masuk+gmail.jpeg
7.      Sampai disini proses pembuatan akun Gmail sudah berhasil, sekarang ketahap selanjutnya yaitu proses pembuatan blog. Buka tab baru di browser anda, kemudian buka blogger.comsilahkan masukkan email dan sandi yang sama seperti di akun Gmail tadi. lalu klik “ Masuk ”.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_oAmzSERW1S3uaMCkuvzDLGEubO1Be6UiCP6xOXCoDjCEqYRAceV8PnVS2K8nf9P5oXbQYAjgT7wA50P6Vtw8_lb1xe9endWVKTWz732vmpNoyWp8ZScSBtJbEQhzhmgCGDd0_m0L2VU/s640/cara+membuat+blog+-+masuk+ke+blogger.jpeg
8. Selanjutnya pilih Opsi profil blogger anda, jika hanya membuat blogger sebaiknya klik yg sebelah kanan. lalu klik “lanjutkan ke blogger”.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhnshOQTtQ_dSwOi1FRs61HhkjJCLFcHNr5LErXAU0zRq5QtjdszowYNRA7r9vmFKJxHij4ur9m2VeZpRuQvunnU17lErlApa3-QCogyyZNgZw6182S-_4vPNjnZVUIrPO88iGV1nTr_W0/s640/cara+membuat+blog+-+konfirmasi+profil+blogger.jpeg
9. Sampai tahap ini anda sudah sukses membuat akun blog, tahap selanjutnya silahkan lihat gambar dibawah ini untuk jelasnya. perhatikan baik baik tahap 1, 2, dan 3. Sebelum ada tulisan “This blog address is available” berarti nama blog yang ingin anda buat sudah ada yang memiliki, silahkan ganti dengan nama lain, atau untuk mudahnya bisa tambahkan angka dibelakang alamat blognya, lihat contoh yang saya lingkari pada nomer 2 dibawah. setelah itu klik “create blog”. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSORpkDniX8pXkL8B6jzKCRwE52M10GvSCA0SEN6McswOnJi2BOW4SaH8iWjHRuAxZWrT76psQEO8AtepusF4rrKD4_3KRVuIpdDmD316PYlmiYzCM79shCngnuN615OcY363jTO6NVD8/s640/cara+membuat+blog+1.png
10. Nah sekarang blog sobat sudah jadi, lihat keterangan dibawah ini, angka 1 adalah Judul blog yang sobat ciptakan pada tahap sebelumnya, lalu angka 2 adalah start posting. alias untuk memulai membuat artikel.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWdC9YK1A3Hhe7CiTSwUjkJyf1exb4rb66B8_slV76Gor7YWk3MR9fsKmrJFPaopOTWoPiGJH4jy9HIkI36MJUUDv9AhFJu9YS4mScSeMYR1wNfL-XvHecEouIJHOhFZGf-PtAui2-mqE/s640/cara+membuat+blog+2.png
11. Setelah anda klik “start posting”, sekarang saatnya anda membuat sebuah artikel. Perhatikan baik-baik langkah--langkahnya dalam membuat sebuah artikel.


Langkah-langkah cara membuat artikel di blog :

Angka 1 : merupakan judul artikel yang nanti akan diterbitkan, boleh apa saja. Silahkan berekspresi melalui artikel anda.

Angka 2 : merupakan isi dari artikel, silahkan mengarang bebas, kasih tips, trik, info, atau apa saja yang anda ketahui, jika artikelnya bermanfaat pasti banyak yang suka dengan blog anda.

Angka 3 : merupakan Label, silahkan isi apa saja. contohnya seperti ini, misalnya judul artikel yang anda buat adalah Tips melangsingkan tubuh, jadi label tersebut bisa di isi dengan Tips sehat, atau yang lainnya.

Angka 4 : tahap ini adalah melihat dulu artikel sebelum diterbitkan, jika ada yang salah bisa dibenarkan terlebih dahulu sebelum artikel diterbitkan.

Angka 5 : Jika pada tahap 4 anda sudah yakin, sekarang tinggal klik “Publish (Terbitkan)”.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUX652WKe1m5WXZoHiNPTnGL2niNhFRnIfGGGBcrtrAkXziwFG3q22lUHwEALSNNwz7_LG7rLw_SYbHu116gGefE-RYQ1geq-Ekuc_t4JmRPBsvSj7-OFghATytOlxwaCEN2MtTh8Uj7w/s640/cara+membuat+blog+3.png
12. Gambar dibawah ini merupakan contoh artikel yang sudah berhasil diterbitkan. Dan untuk melihat artikelnya silahkan klik tombol “view”.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6rvH-9RfnTmKHvbwiIFxp0kbF3XK13FBkn-P2nKVAAarpdetU6YKSeIzEmKQHWiyvAqE_uFzfbl_lAmb36ShJI-Fa8p4i7EnuBm1yN_dj7g_sp1atJXdmwPFz8f1ECjn0hi2GpCC-DuU/s640/cara+membuat+blog+4.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgx_F6Qfy_DG3DG6YHF-3bK4xVXmwyGnjmhC0-rmY_PMQzhds2nlQHwyE2rlaLrxK7APNSne3phrOeJrkmfKLW9iPP2LZbjyO2rsHFZWAoo1qn4m5RVMD9r9bJtfdAUCTbWdrzkgt8yGeI/s640/cara+membuat+blog+5.png
STRATEGI
A.     Pengertian Strategi
Strategi adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. 3 faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran :
1.     Hidup produk
2.     Posisi persaingan
3.     Situasi ekonomi
B.     Jenis-jenis Strategi dalam Pemasaran Online
1.     Content Marketing
2.     Continuous Marketing
3.     Integrated Digital Marketing
4.     Visual Marketing
5.     Personalized Marketing
C.      Jenis-jenis saluran pemasaran online
1.     Layanan online komersial
2.     Internet
3.     Perdagangan elektronik ( e-commerce )
4.     Konsumen online
Manfaat pemasaran online
a.       Bagi pembeli
-       Nyaman
-       Akses dan pilihan lebih lengkap
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoXD3Z2eiugsBJkjvSdWZKj9d89cjAONfdFIgLzi4wFsULxxQfyRSru9-SUqvsolPIvqFeVwu8LP1V5wZ68YYWdyK5JNRjW5IecpH99AOy-ODmWVcpHHCfdINzg7-pHBD-5C88g6x7Xrg/s640/Cara+membuat+blog+-+profil+blogger.jpeg-       Interaktif  lebih cepat
-       Memberi banyak akses dan informasi
b.      Bagi penjual
-       Efektif hubungan dengan konsumen
-       Dapat diatur dengan tepat
-       Menekan biaya efektif dan efisien
-       Medium global
Tantangan pemasaran online
-Keterapan dan pembelian konsumen terbatas
-Demografis dan psikografis pengusaha menjadi menyimpang
-Kekacauan dan kesemerautan
-Keamanan
-kepedulian etis

           
Selesai! Semoga Bermanfaat~~

0 komentar:

Posting Komentar

animasi blog
 
Gudang Ilmu Pengetahuan Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template