MATERI PEMASARAN ONLINE KELAS X
A. Definisi Pemasaran
Pemasaran
adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu
perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup
usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu
kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen.
Ada pula tiga pendapat tentang pemasaran :
1.
William j.Stanton, 1978
Pemasaran adalah suatu sistem
keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang diajukan untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan
kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
2.
The American Marketing Association
Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan
dunia usaha yang mengakibatkan aliran barang dan jasa dari para produsen ke
para konsumen.
3.
Philip Kotler, 1995
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan
manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan
mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu
sama lain.
Proses pemasaran meliputi
aspek fisik dan nonfisik. Aspek fisik menyangkut perpindahan barang-barang
ketempat dimana mereka dibutuhkan. Sedangkan aspek nonfisik dalam arti bahwa
para penjual harus mengetahui apa yang diinginkan oleh para pembeli dan pembeli
harus pula mengetahui apa yang dijual.
A.
Konsep Pemasaran
Menurut Swastha (1979:17) mendefinisikan “konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan”.
Menurut Swastha (1979:17) mendefinisikan “konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan”.
Ada lima konsep pemasaran
yang mendasari cara perusahaan melakukan kegiatan pemasaran, yaitu :
1.
Konsep berwawasan produksi
Konsep ini berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang mudah
didapat dan murah harganya sehingga fokus utamanya adalah meningkatkan efisiensi
produk dan memperluas cakupan distribusi.
2.
Konsep berwawasan produk
Konsep ini berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang menawarkan
mutu, kinerja terbaik dan hal-hal inovative lainnya sehingga fokus utamanya
adalah membuat produk yang lebih baik dan berusaha terus menerus untuk
menyempurnakannya.
3.
Konsep berwawasan penjualan
Konsep ini berpendapat bahwa kalau konsumen dibiarkan saja maka konsumen
tidak akan membeli produk perusahaan dalam jumlah cukup. Oleh karna itu,
perusahaan harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
4.
Konsep berwawasan pemasaran
Konsep ini berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri
dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan
yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada persaingannya. Konsep
ini didasarkan pada empat sensi utama, yaitu pasar sasaran, kebutuhan
pelanggan, pemasaran yang terkoordinasi, serta keuntungan.
5.
Konsep berwawasan pemasaran bermasyarakat
Konsep
ini berpendapat bahwa tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan dan
keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhinnya dengan lebih efektif
dan efisiensi daripada saingannyadengan cara mempertahankan atau meningkatkan
kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
Konsep pemasaran (marketing concept). Konsep pemasaran
tersebut dibuat dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu:
1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen/ pasar.
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.
Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba, atau dapat diartikan sebagai perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak.
1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen/ pasar.
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.
Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba, atau dapat diartikan sebagai perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak.
B.
Strategi Pemasaran
Perencanaan dapat mencakup suatu periode waktu yang panjang atau pendek.
Perencanaan jangka panjang ( multi tahun : 3, 5, 10, atau bahkan 25 tahun )
biasanya melibatkan peranan dari manajemen puncak dan atau staf perencanaan
khusus. Perencanaan jangka pendek ( samapai dengan 1 tahun ) biasanya dilakukan
oleh manajemen menengah atau bawah ( middle or bottom management ), biasanya
menyangkut kampanye periklanan unruk periode yang akan datang, pembelian pada
musim yang akan datang, atau menyangkut daerah operasi dari tenaga pemasaran.
Membuat Website
Cara Membuat Website
- Kunjungi situs penyedia Layanan pembuatan Website, disini akan saya beri contoh menggunakan situs penyedia layanan yang cukup populer di Indonesia, yaitu IDHostinger. Langsung saja kunjungihttp://www.idhostinger.com/
- Setelah terbuka, selanjutnya klik Buat Akun. Letaknya ada di pojok kanan atas, dekat form login.
- Di halaman ini Anda diwajibkan mengisi. Nama, E-mail dan Password Anda. Isikan sesuai tempatnya.
Jangan lupa centang, Saya setuju dengan Ketentuan Penggunaan Layanan.
- Selanjtunya, kita buka Tab Baru dan masuk ke Email kita, untu mengaktivasi Akun kita. Nanti ada dua Email dari yang dikirim oleh IDHostinger, Anda lihat saja yang pertama atau yang paling bawah.
Tingal Anda klik atau salin link tersebut ke Address Bar dan klik Enter.
- Disini kita akan disuruh memilih Paket Hosting yang akan kita pakai nanti untuk Membuat Website. Karena kita hanya akan Membuat Web untuk Belajar saja, maka kita Order saja yang Paket Gratis.
- Kalau diatas kita sudah memesan Hostingan makan setelah itu kita akan diberi hadiah SubDomain. Untuk SubDomainnya ada banyak pilihan, silahkan Anda pilih yang paling cocok atau sesuai dengan selera Anda. Lalu klik Buat.
- SubDomain + Hosting Anda akan dibuat, jadi tunggu hingga muncul pemeberitahuan 'Akun telah dibuat 100%' di pojok kanan bawah.
Selanjutnya, silahkan Anda klik Lihat Hasil.
- Dari sini kita sudah berhasil membuat akun untuk membuat Websitenya, namun kita belum memesan Hosting + SubDomain atau dengan kata lain suah berhasi Mendaftar / Membuat Website. Namun kita harus melanjutkan untuk mengisi website kita dengan Artikel atau File. Caranya dengan mengklik tombol Kelola.
- Maka Anda akan dibawa ke Cpanel (Control Panel). Disinilah tempat Anda mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan website Anda. Mulai dari :
- Menambah Subdomain
- Parkir Domain
- Impor Website
- Impor Database
- Mengatur Halaman Error
Dan masih banyak lagi. Namun kita tidak akan membahas fitur-fitur yang ada di Cpanel ini (butuh watu berhari-hari). Tujuan kita masuk Cpanel adalah untuk mengambil Data mengenai : 'Nama pengguna'.
Cara Membuat Website Sederhana
untuk Pemula (Gambar: 8)
|
Lihat dan silahkan Anda Catat (kalau bisa dikertas atau buku).
Cara Upload File ke Website Menggunakan FTP
Untuk mengupload suatu file kedalam Website atau lebih
tepatnya kedalam Hosting (rumah) sebenarnya cukup mudah, yaitu cukup dengan
mengklik File Manajer dan tinggal Anda pilih file yang akan Anda Upload.
Tapi yang jadi masalah bagaimana jika kita ingin mengupload file kedalam Hosting saat kita menggunakan HandPhone ? tentu kita tidak mungkin masuk File Manajer yang ada disediakan IDHostinger, karena ada beberapa Javascript yang harus dijalankan, dan itu tidak mungkin dijalankan di browser Handphone (operamini / ucbrowser).
Maka dari itu, disini kita akan meminta bantuan FTP. FTP Online ini fungsinya menjadi perantara, Antara file yang akan kita upload dengan Hosting yang sudah kita pesan tadi (tanpa melalui file manajer).
Mohon maaf disini saya akan memberikan screenshotnya dari tampilan PC, tapi sebenarnya sama persis kok tampilannya antara di PC dan Handphone, karena saya sering membuka di HP juga.
Untuk Upload filenya mealalui FTP Online tentunya kita harus memilih 1 dari ribuan FTP Online yang ada di Internet, disini saya memutuskan untuk memilih Net4India karena sudah support https dan yang terpenting adalah sangan HandPhone Friendly (nyaman dan tidak terlalu berat jika dibuka melalui hp).
Sekarang, langkah-langkah Cara Upload File ke Website atau Hosting menggunakan FTP Online.
Tapi yang jadi masalah bagaimana jika kita ingin mengupload file kedalam Hosting saat kita menggunakan HandPhone ? tentu kita tidak mungkin masuk File Manajer yang ada disediakan IDHostinger, karena ada beberapa Javascript yang harus dijalankan, dan itu tidak mungkin dijalankan di browser Handphone (operamini / ucbrowser).
Maka dari itu, disini kita akan meminta bantuan FTP. FTP Online ini fungsinya menjadi perantara, Antara file yang akan kita upload dengan Hosting yang sudah kita pesan tadi (tanpa melalui file manajer).
Mohon maaf disini saya akan memberikan screenshotnya dari tampilan PC, tapi sebenarnya sama persis kok tampilannya antara di PC dan Handphone, karena saya sering membuka di HP juga.
Untuk Upload filenya mealalui FTP Online tentunya kita harus memilih 1 dari ribuan FTP Online yang ada di Internet, disini saya memutuskan untuk memilih Net4India karena sudah support https dan yang terpenting adalah sangan HandPhone Friendly (nyaman dan tidak terlalu berat jika dibuka melalui hp).
Sekarang, langkah-langkah Cara Upload File ke Website atau Hosting menggunakan FTP Online.
2.
Tadi
sebelumnya saya menyuruh Anda untuk mencatat 'Nama pengguna' bukan ?
gunanya ya untuk mengisi Login Panel di FTP ini. Ada tiga form yang harus Anda
isi.
FTP server: Isikan Nama Domain Anda
Username: Isikan Nama Pengguna
Password: Isikan Password
Setelah semua terisi silahkan Anda klik Login.
* yang dimaksud password disini adalah password saat Anda mengisi SubDomain, jadi bukan password saat Anda membuat akun IDHostinger.
FTP server: Isikan Nama Domain Anda
Username: Isikan Nama Pengguna
Password: Isikan Password
Setelah semua terisi silahkan Anda klik Login.
* yang dimaksud password disini adalah password saat Anda mengisi SubDomain, jadi bukan password saat Anda membuat akun IDHostinger.
- Setelah klik Login, maka Anda akan masuk kedalam direktori root.
4.
Di
direktori (folder) ini Anda tidak bisa mengupload apapun, andai kata bisa
upload, Anda tidak akan bisa mengaksesnya melalui url (tidak bisa diakses
umum), karena filenya berada di dalam. Solusinya Anda klik dulu public_html.
- Disinilah tempat untuk mengatur halaman depan website Anda. Cara Mengaturnya, pertama-tama Anda hapus dulu default.php yang ada di direktori public_html ini. Ohya, default.php ini isinya adalah ucapan selamat datang yang otomatis dibuat oleh pihak IDHostinger, jadi kita hapus saja tidak masalah.
6.
Centang
filenya dan pilih Delete. Lalu pilih Submit,
dan klik Back untuk kembali ke public_html.
- Langkah selanjutnya tinggal kita upload file kita
Ø
Memanfaatkan Search Engine
Setelah website Anda jadi, Anda perlu sedikit
mendalami cara agar website Anda memiliki rangking tertinggi di search engine
seperti google, yahoo, dll. Istilah kerennya SEO, search engine optimization
(optimalisasi mesin pencari). Ada
beberapa petunjuk agar website Anda didata dengan cepat oleh mesin pencari,
bacalah artikel dari google ini:
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=34397
Untuk menguji apakah website Anda memiliki rating yang tinggi untuk pencarian kata-kata tertentu, gunakan tools ini:
http://www.widexl.com/remote/search-engines/metatag-analyzer.html
Anda dapat mendalami masalah SEO ini lebih dalam di:
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=34397
Untuk menguji apakah website Anda memiliki rating yang tinggi untuk pencarian kata-kata tertentu, gunakan tools ini:
http://www.widexl.com/remote/search-engines/metatag-analyzer.html
Anda dapat mendalami masalah SEO ini lebih dalam di:
·
www.perfect-optimization.com
·
www.site-reference.com
Untuk mengetahui keyword mana yang paling populer dan layak untuk dijadikan kata kunci:
adwords.google.com (daftar, login, klik menu tools > kemudian keyword tools)
Ø
Iklan Klik
Keuntungan iklan yang dibayar per klik ini adalah:
Keuntungan iklan yang dibayar per klik ini adalah:
1.
Anda hanya membayar jika iklan di klik orang.
2.
Dapat menentukan budget perhari, sehingga jika
jumlah tagihan melebihi budget, maka iklan tidak ditayangkan.
3.
Dapat menentukan segmen pengunjung yang
diinginkan.
4.
Menentukan kata-kata pencarian tertentu saja,
misalkan jika ada orang yang mencari kata ABC maka iklan Anda baru muncul.
5.
Tarif per klik ditentukan dengan sistem
lelang, sehingga Anda dapat memilih kata-kata yang memiliki nilai yang murah
saja.
Kelemahannya:
1.
Ada tangan-tangan jahil yang asal klik
sehingga timbul tagihan yang tidak semestinya.
2.
Ada yang sekedar iseng kepingin tahu dimana
dia buka target pasar sebenarnya.
3.
Tarif per klik menjadi mahal untuk kata-kata
yang sangat populer.
Ø
Iklan Banner
Banyak website yang menyediakan space untuk pemasangan Banner
(berupa gambar).
Keuntungan:
Keuntungan:
1.
Budget fix perbulan, tidak tergantung jumlah
klik (tapi ada juga banner yg dibayar per-klik).
2.
Ekspos iklan yang lebih tinggi, tergantung
popularitas web dimana Anda memasang banner.
Kelemahan:
1.
Sulit diatur segmentasinya.
2.
Mahal.
Ø
Iklan Baris/Mini
Ini merupakan cara promosi/iklan yang paling populer, dimana Anda
cukup mendaftar kemudian menulis artikel iklan yang diinginkan.
Keuntungan:
Keuntungan:
1.
Gratis
2.
Mudah
3.
Cepat
Kelemahan:
1.
Iklan turun ke bawah setiap kali ada yang
posting iklan baru.
2.
Hanya tampil jika pengunjung website tersebut
memang lagi mencari produk yang sesuai dengan produk Anda saja.
Ø
Komunitas, Forum dan Grup Diskusi
Cara pemasaran di dunia maya yang cukup populer adalah dengan ikut
aktif di forum-forum dan grup diskusi. Dengan cara ini secara tidak langsung
Anda dapat mengenalkan bisnis Anda kepada komunitas yang umumnya memiliki
kesamaan dalam hal tertentu, apakah itu komunitas hobi, bisnis, sekolah, dsb.
Keuntungan:
Keuntungan:
·
Promosi Anda lebih diterima karena Anda
merupakan bagian dari komunitas yang cukup dikenal di sana.
Kelemahan:
1.
Promosinya tidak blak-blak-an tapi terselubung
sehingga hanya efisien jika anggota lain memang tertarik dengan tulisan/artikel
Anda.
2.
Tidak semua forum-grup diskusi mengizinkan
beriklan secara terbuka.
Ø
Email
Cara promosi ini akan efektif jika produk Anda memang sesuai
dengan kebutuhan penerima email, yaitu pas timingnya, jika tidak maka email
Anda akan dianggap sebagi SPAM (email sampah).
Jadi pandai-pandailah:
Jadi pandai-pandailah:
1.
Menyusun prospek beserta alamat emailnya.
2.
Susun kata-kata yang pas, jangan samaratakan
konsep tulisan.
3.
Jangan sebut kata Anda, tapi sebutlah nama
penerima di dalam email, agar lebih personal.
4.
Buat text subject yang menarik.
5.
Kosa kata yang baik dan sopan, ringan dan
tidak terlalu banyak, langsung ke inti permasalahan dan terangkan keunggulan
Anda.
6.
Jangan kirim ke banyak tujuan sekaligus,
(alamat pengiriman jangan disatukan untuk banyak alamat email), satu email
untuk satu alamat email. Karena banyak program anti spam yang akan memasukan
email Anda ke kategori spam dan langsung membuangnya ke tempat sampah, atau
yang lebih parah, penerima email akan melaporkan Anda sebagai spammer yang
akhirnya webhosting Anda akan menutup alamat website Anda.
7.
Tambahkan penjelasan, "jika Anda tidak
berkenan menerima email seperti ini, mohon kirim email kosong ke alamat email
kami... "
8.
Manfaatkan aplikasi bulk email, yang dapat
mengirim email ke banyak alamat sekaligus dengan isi email sama. Seperti
misalnyaGroupMail dimana memiliki versi gratis, namun dibatasi
untuk pengiriman 100 email sekaligus. Silahkan download dari:http://www.group-mail.com/asp/common/groupmail.asp
PENGERTIAN DAN DEFINISI
SEO
Definisi SEO
SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau
teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di
mesin pencarian (search engine) sepertiGoogle, Bing, dan Yahoo.
Contoh SEO
Saya mempunyai sebuah artikel di website ini yaitu “cara membuat
jaringan warnet”
Keuntungan Melakukan SEO
1. Mendatangkan Traffic
yang Banyak.
2. Meningkatkan
Penjualan
3. Meningkatkan Daya Saing
Sekilas Sejarah SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization
pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang
diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu
kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada
informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs
web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada
suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Dasar SEO Yang Wajib Anda Ketahui
Dasar SEO ini
merupakan pondasi yang bisa dibilang sangat wajib diketahui oleh pemula di
dunia search engine optimization karena hal tersebut merupakan suatu
hal yang harus dan diterapkan jika anda ingin menjadi ahli seo atau membuat
situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata kunci yang anda target.
1. On Page SEO
On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi
halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget
kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai
relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit
backlink bisa dipastikan akan mudah ranking #1 Google.
Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :
1. Title Tag
2. Meta Description
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority
2. Meta Description
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority
Tittle Tag
Title Tag itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi
berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag
tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search
engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh
title tag.
Meta Description
Meta descriptions
adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan
anda, agar meta description terlihat menggoda dan menarik trafik anda perlu
memodifikasinya dengan menggunakan plugin SEO
by Yoast.
URL
URL singkatan
dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format
standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti
dokumen dan gambar di Internet.
Heading
Heading adalah
sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html.
Heading berbeda dengan tag
< title >
.
Html menyediakan enam tingkatan
heading, dimana heading level 1 (
< h1 >
) adalah yang
terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (< h6 >
)
adalah yang terkecil.Link to Authority Site
Link to authority site yaitu merupakan
sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs terpercaya /
yang dipercayai google seperti yotube, wikipedia, facebook dan masih banyak lagi.
cara mengetahui
situs anda dapat melihatnya dari Page
Rank (PR) situs tersebut jika page rank suatu situs lebih dari 7 maka bisa
dikatakan situs tersebut sudah dipercayai google ( Authority Site ).Cara untuk mengetahui
PR dari suatu situs termudah yaitu anda cukup menginstall Extensi WebRank SEO dari
browser Google Chrome dengan cara mendownloadnya terlebih
dahulu dari Toko Web Chrome, untuk Mozila Firefox anda dapat
menggunakan seo toolbar dari seobook silahkan cek disini.
2. Off Page SEO
Off Page Search
Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs
(menggunakan backlink), “Apa itu Backlink?”
Backlink adalah
Link dari halaman situs kita yang
berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.
Search Engine seperti Google sangat menyukai
Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs
yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia,Twitter, WordPress,
dan lain-lain.
PEMASARAN MEDIA
ONLINE
A.
Definisi
Pemasaran Media Online
Pemasaran
menurut Philip Kotler adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana
seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan
melalui penciptaan dan pertukaran produk yang bernilai.
Pemasaran media online pada dasarnya
adalah kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada
perkembangannya pemasaran online tidak hanya menggunakan media website, namun
juga email da aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protocol Internet.
Terdapat banyak alasan mengapa
internet menjadi alat pemasaran yang ideal. Internet bisa menjangkau jutaan
orang tetapi juga masih bisa digunakan untuk mengejar target pasar yang terdiri
dari sekelompok individu tertentu. 24 jam dalam 7 hari sangat menarik dan tidak
terdapat batasan geografis. Menurut Internet Marketing for Dummies, internet
adalah sarana yang ideal sekaligus yang terburuk untuk memasang iklan. Bagusnya
adalah iklan online sangat mudah untuk melacak jumlah orang yang telah
mengunjungi iklan yang dipasang. Segi buruknya adalah tidak bisa memastikan
bahwa iklan tersebut langsung menghasilkan penjualan.
B.
Strategi
Pemasaran Media Online
Strategi
komunikasi pemasaran media online adalah melakukan aktivitas pemasaran dengan
menggunakan semua fasilitas yang disediakan oleh internet dengan tujuan
meningkatkan hasil penjualan dan menjalin komunikasi yang lebih baik kepada
pelanggan.
Ada sejumlah
alasan mengapa pengusaha mulai membidik pasar Internet.
Ø Para penonton
televisi mulai berpindah ke Internet.
Ø Untuk membidik
pasar internet menggunakan iklan yang dapat di update setiap waktu dengan biaya
minimal.
Ø Pasar internet
dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan
global.
Ø Biaya untuk iklan
online kadang-kadang lebih murah dibandingkan iklan televisi, koran, atau
radio.
Ø Iklan di Internet
dapat secara efisien menggunakan konvergensi teks, audio, grafik, dan animasi.
Ø Internet sendiri
sedang berkembang dengan pesatnya.
Ø Kita dapat membuat
iklan secara interaktif dan dibidikkan ke kelompok-kelompok tertentu dan atau
perorangan.
C.
Dampak Positif
dan Negatif Pemasaran Media Online
1.
Dampak positif
- Tidak membutuhkan modal usaha terlalu besar
- Menjangkau pasar yang lebih luas
- Biaya operasional yang cenderung lebih murah
- Waktu kerja tidak terbatas
- Pelayanan yang mudah diberikan kepada
konsumen
- Industri lebih mudah berekspresi
- Secara tidak langsung dapat mengedukasi
konsumen
2.
Dampak negatif
Bagi konsumen :
- Penipuan
- Tidak sesuai dengan
harapan
- Keterlambatan
pengiriman
- Kesulitan transaksi
- Pelayanan buruk
Bagi produsen :
- Kehilangan segi
finansial karna kecurangan
- Pencurian informasi
rahasia yang berharga
- Kehilangan
kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
- Penggunaan akses ke
sumber oleh pihak yang tidak berhak
- Kehilangan
kepercayaan dari para konsumen
- Kerugian yang tidak
terduga
Pemasaran Bisnis Online Yang Efektif Pada
Mobile Marketing
1.
Facebook
2.
Twitter
3.
Instagram
Mendongkrak Penjualan Dengan Strategi Mobile
Marketing
~Mobile phone Marketing
~Sms Marketing
~Online Marketing
5 Cara Pemasaran Mobile Untuk Bisnis Lokal
1.
Pemasaran
Menggunakan Email Marketing
2.
Pemasaran
Menggunakan Facebook
3.
Pemasaran
Menggunakan ForSquare
4.
Pemasaran
Menggunakan Instragam
5.
Pemasaran
Mengunakan BBM
ADSENSE DAN
BLOGING
ADSENSE
A.
Pengertian Adsense
Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang
diselenggarakan oleh Google.
Melalui program periklanan Adsense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui
keanggotaannya diperbolehkan memasang unitiklan yang bentuk dan materinya telah
ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan
mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap
iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc)
atau bayar per klik.
B.
Jenis – jenis Adsense
1. AdSense for Content
adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang
muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau
istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang
termasuk dalam AdSense for Content ini.
a. Yang dimaksud dengan
Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis
dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat
pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan
mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya
b. Link Units hampir
sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa
kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units
adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada
halaman hasil pencarian di search
engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung
mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link
Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.
2. AdSense for Search dan iklan arahan (Referral).
Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian
Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari
Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian
tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil
pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah
klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah
disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.
C. Cara Membuat Google Adsense
Google Adsense adalah suatu program penghasil uang di internet yang paling populer baik di dunia maupun di Amerika, akan tetapi sangat disayangkan, ternyata cukup banyak orang Indonesia yang tidak tahu cara membuat akun Adsense. Cara membuat akun Adsense sebetulnya cukup mudah, Anda hanya membutuhkan sebuah website/blog yang sudah berisi cukup banyak (30 - 50 halaman) konten berkualitas, original dan bisa bermanfaat bagi orang lain.
Selain itu website atau blog Anda juga
harus memiliki penampilan atau desain yang profesional dan indah dilihat.
Website/blog harus memiliki informasi yang jelas seperti informasi halaman
Tentang website (About), kontak yang bisa dihubungi misalkan alamat email atau
No.telepon (Contact), serta Privacy Policy (anda bisa mencari contohnya privacy
policy di internet).
Selain itu website/blogyang akan didaftarkan Google Adsense harus sudah memiliki trafik pengunjung.
Selain itu website/blogyang akan didaftarkan Google Adsense harus sudah memiliki trafik pengunjung.
Berikut ini langkah-langkah cara
membuat akun Adsense:
1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail, jika belum silahkan buat dulu di www.gmail.com
2. Buka situs Google Adsense di www.google.com/adsense dan klik “Sign up now”,
Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:
1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail, jika belum silahkan buat dulu di www.gmail.com
2. Buka situs Google Adsense di www.google.com/adsense dan klik “Sign up now”,
Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:
Pilih “Use email_anda@gmail.com”.
Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini:
Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini:
Lalu isi dengan alamat website atau blog Anda. Kemudian untuk bahasa pilihlah sesuai dengan bahasa konten situs Anda, jika konten Anda ditulis dalam bahasa Indonesia maka pilih Indonesian, jika bahasa inggris maka pilihlah english.
Kemudian checklist dan klik "Continue".
3. Setelah klik contonue, maka Anda akan melihat kolom isian yang harus Anda isi. Isilah kolom registrasi yang ada sesuai dengan data diri Anda yang sebenarnya seperti nama lengkap Anda, negara, alamat rumah, nomer telepon, dll. Informasi tersebut akan digunakan Google untuk pembayaran komisi Adsense nantinya, jadi jangan sampe salah tulis.
Jika sudah lalu klik "Submit".
Pada tahap ini Anda sudah selesai mendaftar Adsense, namun belum diterima karena aplikasi Anda akan di review oleh pihak Google terlebih dahulu dan harus menunggu hingga beberapa jam atau beberapa hari. Nantinya Anda akan mendapatkan email dari Google jika aplikasi pendaftaran Anda diterima atau ditolak.
Seandainya pendaftaran Adsense Anda diterima jangan lupa untuk memperhatikan peraturan Google Adsense seperti:
- Tidak boleh mengklik iklan Adsense milik Anda sendiri
- Tidak boleh meminta/menyuruh orang lain untuk mengklik iklan Adsense yang ada pada website/blog Anda.
- Tidak boleh memasang Adsense pada konten ilegal seperti konten dewasa dan konten berhak cipta milik orang lain (copyrighted content).
- Tidak boleh memiliki akun Adsense lebih dari satu.
BLOG
A.
Pengertian Blog
Blog
–singkatan dari web log— adalah situs berisi informasi yang
dipublikasikan di World Wide Web, yakni sistem dokumen hypertext
(teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses
melalui intenet.
B. Jenis-Jenis Blog
a. Berdasarkan Platform
1. Free Blog, seperti blogger/blogspot, wordpress, dll.
2. Self-Hosting Blog, seperti
wordpress.org, joomla, drupal, dll.
3. Citizen Journalism Blog, seperti kompasiana, blogdetik, dll
b. Berdasarkan Format Isi (Konten)
1. Vlog. Vlog = Video Blogging = Vlogging, yaitu blog
dengan konten utama berupa video.
2. Photoblog. Disingkat Phlog yaitu blog dengan konten utama foto.
3. Audioblog . Blog berisi rekaman vokal atau suara sebagai konten
utama, misalnya Podcast dan MP3 blog atau musicblog, yang memungkinakan
file musiknya bisa di-download.
4. Microblog. Microblogging yaitu ngeblog dengan tulisan atau teks
terbatas, di bawah 200 karakter, seperti Twitter, Facebook, MySpace, dan
LinkedIn. Namun, Facebok saat ini memungkinkan Facebooker menulis status
panjang, plus fasilitas Facebook Note.
5. Niche Blog, blog dengan tema khusus atau berisi topik tertentu,
misalnya blog kesehatan, blog politik, dll.
6. General Blog, blog yang berisi
berbagai macam topik, tidak khusus tema tertentu.
c. Berdasarkan Tema
Jenis blog berdasarkan tema sangatlah banyak, mulai
dari:
1. Blog pribadi (berisi curhat atau catatan pribadi)
2. Blog politik
3. Blog kesehatan
4. Blog mode (fashion blog)
5. Blog agama
6. Blog bisnis (toko online)
7. Blog "asal ada" (dibuat tapi 'gak
diupdate-update!).
Ada juga jenis blog lain yang menjadi "common
enemy" blogger, yaitu Blog Pengganggu (Spam Blog, Splog). Blog ini hanya berisi tulisan yang
"menipu" untuk kepentingan PageRank. Bloggernya sering
"blogwalking" untuk berkomentar dengan meninggalkan link aktif atau
link hidup (live link).
C.
Cara Membuat Blog
Langkah pertama untuk membuat
sebuah blog di blogspot adalah :
1. Pertama-tama anda memerlukan sebuah alamat email, saran saya pakailah layanan gmail dari google. Untuk membuat email dari layanan google tersebut anda bisa langsung menuju keGmail, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
2. Langkah selanjutnya isi
data-data diform yang disediakan, jangan lupa paling bawah klik “ Saya
menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privacy google ”, setelah itu klik
Langkah berikutnya lihat gambar dibawah.
3.
Selanjutnya, klik kirim kode Verifikasi. lihat lagi gambar
dibawah
4.
sekarang cek ponsel anda, jika belum ada kode verifikasi dari
google bisa dicoba lagi beberapa menit kemudian.
5.
Masukan kode
verifikasinya seperti dibawah ini
6.
Selamat datang di akun Gmail anda, lalu klik “Lanjutkan ke
Gmail”
7.
Sampai disini proses pembuatan akun Gmail sudah berhasil,
sekarang ketahap selanjutnya yaitu proses pembuatan blog. Buka tab baru di
browser anda, kemudian buka blogger.comsilahkan masukkan email dan sandi yang sama seperti di
akun Gmail tadi. lalu klik “ Masuk ”.
8. Selanjutnya pilih
Opsi profil blogger anda, jika hanya membuat blogger sebaiknya klik yg sebelah
kanan. lalu klik “lanjutkan ke blogger”.
9. Sampai tahap ini
anda sudah sukses membuat akun blog, tahap selanjutnya silahkan lihat gambar
dibawah ini untuk jelasnya. perhatikan baik baik tahap 1, 2, dan 3. Sebelum ada
tulisan “This blog address is available” berarti nama blog yang ingin anda buat
sudah ada yang memiliki, silahkan ganti dengan nama lain, atau untuk mudahnya
bisa tambahkan angka dibelakang alamat blognya, lihat contoh yang saya lingkari
pada nomer 2 dibawah. setelah itu klik “create blog”.
10. Nah sekarang blog
sobat sudah jadi, lihat keterangan dibawah ini, angka 1 adalah Judul blog yang
sobat ciptakan pada tahap sebelumnya, lalu angka 2 adalah start posting. alias
untuk memulai membuat artikel.
Langkah-langkah cara
membuat artikel di blog :
Angka 1 : merupakan judul artikel yang nanti akan diterbitkan, boleh apa saja. Silahkan berekspresi melalui artikel anda.
Angka 1 : merupakan judul artikel yang nanti akan diterbitkan, boleh apa saja. Silahkan berekspresi melalui artikel anda.
Angka 2 : merupakan isi dari artikel, silahkan mengarang bebas, kasih tips, trik, info, atau apa saja yang anda ketahui, jika artikelnya bermanfaat pasti banyak yang suka dengan blog anda.
Angka 3 : merupakan Label, silahkan isi apa saja. contohnya seperti ini, misalnya judul artikel yang anda buat adalah Tips melangsingkan tubuh, jadi label tersebut bisa di isi dengan Tips sehat, atau yang lainnya.
Angka 4 : tahap ini adalah melihat dulu artikel sebelum diterbitkan, jika ada yang salah bisa dibenarkan terlebih dahulu sebelum artikel diterbitkan.
Angka 5 : Jika pada tahap 4 anda sudah yakin, sekarang tinggal klik “Publish (Terbitkan)”.
12. Gambar dibawah
ini merupakan contoh artikel yang sudah berhasil diterbitkan. Dan untuk melihat
artikelnya silahkan klik tombol “view”.
STRATEGI
A. Pengertian Strategi
Strategi adalah
pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran,
alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan
kondisi persaingan. 3 faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan
strategi dalam pemasaran :
1.
Hidup produk
2.
Posisi persaingan
3.
Situasi ekonomi
B. Jenis-jenis Strategi dalam Pemasaran Online
1.
Content Marketing
2.
Continuous Marketing
3.
Integrated Digital Marketing
4.
Visual Marketing
5.
Personalized Marketing
C.
Jenis-jenis saluran
pemasaran online
1.
Layanan online komersial
2.
Internet
3.
Perdagangan elektronik ( e-commerce )
4.
Konsumen online
Manfaat pemasaran online
a.
Bagi pembeli
-
Nyaman
-
Akses dan pilihan lebih lengkap
-
Memberi banyak akses dan informasi
b.
Bagi penjual
-
Efektif hubungan dengan konsumen
-
Dapat diatur dengan tepat
-
Menekan biaya efektif dan efisien
-
Medium global
Tantangan pemasaran online
-Keterapan
dan pembelian konsumen terbatas
-Demografis dan psikografis
pengusaha menjadi menyimpang
-Kekacauan dan
kesemerautan
-Keamanan
-kepedulian etis
Selesai! Semoga Bermanfaat~~
0 komentar:
Posting Komentar